Home / Kobar

Selasa, 18 Desember 2018 - 17:37 WIB

Disdukcapil Musnahkan 13.995 Lembar e- KTP Rusak

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Sedikitnya 13.995 lembar elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) yang rusak dan invalid dimusnahkan. Kegiatan pemusnahan ini dilaksanakan di halaman Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Selasa (18/12/2018).

Kepala Disdukcapil Gusti Imansyah, mengatakan, e-KTP yang rusak dan  invalid tersebut sebelumnya cuma dipotong saja. Namun sesuai arahan dan petunjuk dari Kemendagri e-KTP yang rusak dan invalid ini harus segera dimusnahkan dengan cara dibakar untuk mencegah penyalahgunaan dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga :  Duh! ABG Ini Nekat Seludupkan Sabu ke Dalam Lapas, Dengan Cara di Taruh di BH dan Mulutnya

Dijelaskannya, e-KTP yang invalid dan rusak tersebut, karena telah diserahkan oleh masyarakat saat pengurusan e-KTP baru lantaran ada perubahan status pemilik yang pindah alamat. Sementara  e-KTP yang rusak karena yang tulisannya sudah tidak jelas, buram atau tidak bisa terbaca.

“Yang dimusnahkan ini, seluruh e-KTP rusak dan invalid yang berada di gudang Disdukcapil Kobar. Semuanya telah dibakar disaksikan oleh unsur kepolisian, Inspaktorat dan juga media massa,”ungkap Imansyah kepada awak media, Selasa (18/12).

Baca Juga :  Bupati Inginkan Pelaksanaan Konsorsium Buku Merata Hingga Kecamatan

Sementara itu pada kegiatan pemusnahan ini turut hadir Kasatreskrim Polres Kobar AKP Tri Wibowo, Kasat Intel Polres Kobar Iptu Ambar Sumanto, perwakilan dari Satpol PP Kobar dan Inspektorat Kobar. (aro)

Share :

Baca Juga

Kobar

Anggota Satpol PP Kobar Dibegal Seusai Pulang Piket Malam

Kobar

Meski Minta Maaf, Proses Hukum Oknum Guru Berlanjut

Kobar

Beri Pembinaan, Kakanwil Kunjungi Lapas Pangkalan Bun

Kobar

Jual Puluhan Gas Elpiji 3 Kg, Dua Warga Kumai Diamankan Satpol PP Kobar

Kobar

Sejumlah Pedagang Buah Sempat Menolak Direlokasi

Kobar

Kapolres Cek Kesiapan Penutupan Wisata Tanjung Harapan

Hukum Kriminal

Brak! Truk Hantam Pasutri Dari Belakang, Korban Luka Parah

Kobar

DPRD Dorong Polisi Usut Penyalahgunaan Gas LPG di Kobar