Home / Kobar

Selasa, 6 November 2018 - 19:30 WIB

Kobar Wacanakan Perda Larangan Penggunakan Kantong Plastik

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) mewacanakan pembuatan Peraturan Daerah (Perda) larangan penggunaan kantong plastik saat berbelanja. Wacana ini digagas guna mengurangi sampah plastik di dalam kota Pangkalan Bun yang sampai saat ini sangat sulit terurai.

“Ini baru sebatas wacana. Kita masih mengkaji pembuatan Perdanya seperti apa nantinya. Khususnya untuk melarang penggunaan kantong plastik saat berbelanja,”ungkap Bupati Kobar Hj Nurhidayah kepada awak media seusai membuka lomba busana daur ulang DLH Kobar, Selasa (6/11/2018).

Baca Juga :  Pelaku Pencurian Terekam CCTV Dibekuk di Rumahnya

Bupati mengatakan, ke depan bukan tidak mungkin akan diberlakukanya penggunaan kantong pelastik demi mencegah semakin menumpuknya sampah plastik yang susah terurai.

“Sebagai referensi, kita bisa melihat dari Pemerintah Kotamadya (Pemkot) Banjarmasin yang sudah menerapkan hal ini sejak tahun2016,”papar Bupati.

Sementara itu Kabid Pengelolaan Sampah DLH Kobar Robiannur mengatakan, sangat mendukung kebijakan bupati ini. Karena menurut dia, selain lebih efektif mengurangi banyaknya sampah plastik, kebijakan tersebut juga membuka peluang bagi pengusaha berskala Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk menyediakan tas belanja dari bahan yang mudah terurai dialam yakni bakul yang terbuat dari bahan purun.

Baca Juga :  Duh!! Pelaku Penadah Ranmor Ini Ternyata Juga Bandar Sabu

“Apalagi ada larangan penggunaan kantong plastik tersebut juga berlaku dipasar modern, namun dinilai lebih efektif sebagai upaya mengurangi sampah plastik dari kantong plastik bungkus belanja,”jelas Robiannur. (aro)

Share :

Baca Juga

DPRD Provinsi Kalteng

Dewan Ajak Masyarakat Patuhi Prokol Kesehatan

Kobar

Dua Hari, Pantai Kubu Dipadati Pengunjung

Kobar

Depresi, Pemuda Kediri Tewas Gantung Diri

Hukum Kriminal

Congkel Pintu Dapur, Bandit Cilik Ini Embat Jutaan Rupiah  

Kobar

Kodim 1014 Pangkalan Bun Gelar Baksos dan Penghijauan

Kobar

Arus Mudik Mulai Ramai di Kumai

Kobar

RSUD Imanuddin Siapkan 20 Kamar Bagi Pasien Virus Corona

Kobar

Pemerintah dan DPR Bersinergi Kembangan IKM di Daerah
error: Content is protected !!