Home / DPRD Kota

Selasa, 20 November 2018 - 17:02 WIB

DPRD Kota Sarankan Setiap Wilayah Miliki Satu Produk Unggulan

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Mukarammah menilai Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Palangka Raya sudah cukup bagus dan berkembang. Karena itu dirinya mendorong setiap wilayah di kota setempat untuk bisa memiliki minimal satu produk unggulan, dengan menyesuaikan potensi yang dimiliki wilayahnya masing-masing.

“Seharusnya setiap daerah memiliki satu produk unggulan, sehingga memiliki satu produk yang bisa menjadi prioritas untuk satu wilayah. sehingga kedepan masing-masing wikayah mempunyai nilai tersendiri, baik perbedaan maupun keunggulan,” katanya, Selasa (20/11).

Baca Juga :  Kearifan Lokal Jangan Sampai Tergerus Budaya Asing

Misalkan lanjut Mukarramah, untuk kawasan Kereng Bangkirai yang memiliki produksi perikanan tangkap yang melimpah, bisa digunakan dengan memproduksi aneka kerupuk olahan dari ikan ataupun produk lain yang berbahan ikan.

“Begitu juga kawasan wisata Air Hitam bisa dioptimalkan warga dengan membuat aneka pernak pernik keterampilan tangan untuk oleh oleh, berupa gantungan kunci, ataupun aneka kerajinan yang lainnya sesuai dengan tema wisata yang ada,” jelasnya.

Hal serupa juga bisa dilakukan seperti di Kecamatan Bukit Batu yang biasanya memiliki panen buah dan sayur mayur. Bisa diolah untuk kuliner ataupun manisan, sehingga kedepan semua produk unggulan tersebut bisa menjadi daya tarik sendiri-sendiri disetiap wilayah.

Baca Juga :  Orang Tua Kunci Utama Peningkatan Kualitas SDM

“Memang untuk mendorong akan hal itu bukanlah sesuatu yang mudah. Diperlukan kesepahaman yang sama. Terutama bagaimana dorongan pemerintah daerah bisa dijalankan. Intinya memang harus juga didukung oleh pemerintah daerah maupun pihak lainnya. Seperti halnya perbankan dalam peningkatan UMKM,”tutupnya. (dr)

Share :

Baca Juga

DPRD Kota

Resiko HIV/AIDS Terjadi Bila Kurang Sadar Jaga Kesehatan

DPRD Kota

Dewan Kota Apresiasi Keberhasilan Polda Ungkap Kasus OTT Pemko

DPRD Kota

Dewan Minta Perusahaan Taati Aturan Pemerintah

DPRD Kota

Prioritaskan Guru Honorer Jadi ASN dan P3K

DPRD Kota

Dewan Kota Sepakat Bahas Dua Raperda

DPRD Kota

Dewan Sarankan Pemko Naikan Rasio Belanja Langsung

DPRD Kota

Sofie Andriany Ketua Fraksi Perindo-PSI di DPRD Kota Palangka Raya

DPRD Kota

Dewan Apresiasi Inovasi Pelayanan Disdukcapil