Home / Kobar

Senin, 26 November 2018 - 16:54 WIB

Bawaslu Kobar Sebut Penderita Gangguan Jiwa Berat Tak Punya Hak Pilih

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menegaskan, bagi penderita gangguan jiwa berat tidak diperkenankan menggunakan hak pilihnya. Hal ini diutarakan oleh Ketua Bawaslu Kobar Dorik Rozani kepada sejumlah awak media, Senin (26/11).

Menurut Dorik, yang diperkenankan menggunakan hak pilihnya hanya penderita gangguan jiwa ringan. Itupun diserahkan kepada si penderitanya apakah mau atau tidak menggunakan hak pilihnya. Sedangkan bagi penderita gangguan jiwa berat tak diperkenankan menggunakan hak pilihnya.

Baca Juga :  Bupati Kobar Terima Kunker Rombongan Komisi V DPR RI

“Keputusan penderita gangguan jiwa menggunakan hak pilihnya ini, mengacu pada putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Ini pun ada kategorinya yakni, penderita gangguan jiwa ringgan bisa menggunakan hak pilihnya. Kalau gangguan jiwanya berat, mereka tidak bisa menggunakan hak pilihnya,”ungkapnya.

Kendati demikian, ia menyayangkan belum adanya pendataan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) terhadap para pemilih penderita gangguan jiwa ini. Karena, jika tidak didata, maka bisa berakibat fatal. Terutama dalam penentuan katagori ini.

Baca Juga :  Demi Adipura,PKL Diberi Peringatan

“Jadi, jangan sampai hak konstitusi warga termasuk disabilitas itu hilang, hanya karena hal yang teknis seperti pendataannya yang tidak dilakukan akan berakibat fatal. Karena untuk penentuan kategori berat dan ringan gangguan jiwanya harus melibatkan dokter ahli di bidangnya, bukan dari penyelenggara pemilu,”tegasnya. (aro)

Share :

Baca Juga

Kobar

RSUD Imanuddin Siapkan 20 Kamar Bagi Pasien Virus Corona

Kobar

Polisi Ancam Tindak Tegas Oknum Permainkan Harga Tiket Kapal

Kobar

ASN dan Pelajar Terjaring Razia Operasi Patuh Telabang

Kobar

Tragis..Laka Lantas di HM Rafi’i Merenggut Nyawa Pengendara RX King

Kobar

Tak Taat Pajak Walet, Satpol PP Siapkan 30 Spanduk Peringatan Tegas

Kobar

Empat Calon Kades Pasir Panjang Deklarasikan Diri

DPRD Provinsi Kalteng

Pantau Penanganan Covid-19, Tiga Anggota DPRD Kalteng Reses ke Kobar

Kobar

Ledakan Rokok Elektrik Nyaris Hanguskan Gudang Toko Bangunan
error: Content is protected !!