Home / Kobar

Senin, 26 November 2018 - 16:54 WIB

Bawaslu Kobar Sebut Penderita Gangguan Jiwa Berat Tak Punya Hak Pilih

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menegaskan, bagi penderita gangguan jiwa berat tidak diperkenankan menggunakan hak pilihnya. Hal ini diutarakan oleh Ketua Bawaslu Kobar Dorik Rozani kepada sejumlah awak media, Senin (26/11).

Menurut Dorik, yang diperkenankan menggunakan hak pilihnya hanya penderita gangguan jiwa ringan. Itupun diserahkan kepada si penderitanya apakah mau atau tidak menggunakan hak pilihnya. Sedangkan bagi penderita gangguan jiwa berat tak diperkenankan menggunakan hak pilihnya.

Baca Juga :  BPPRD Seruyan Bakal Berlakukan Pajak Retrebusi Papan Reklame Pilkada

“Keputusan penderita gangguan jiwa menggunakan hak pilihnya ini, mengacu pada putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Ini pun ada kategorinya yakni, penderita gangguan jiwa ringgan bisa menggunakan hak pilihnya. Kalau gangguan jiwanya berat, mereka tidak bisa menggunakan hak pilihnya,”ungkapnya.

Kendati demikian, ia menyayangkan belum adanya pendataan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) terhadap para pemilih penderita gangguan jiwa ini. Karena, jika tidak didata, maka bisa berakibat fatal. Terutama dalam penentuan katagori ini.

Baca Juga :  Dewan Dorong Pengusaha Walet Tertib Aturan dan Taat Pajak

“Jadi, jangan sampai hak konstitusi warga termasuk disabilitas itu hilang, hanya karena hal yang teknis seperti pendataannya yang tidak dilakukan akan berakibat fatal. Karena untuk penentuan kategori berat dan ringan gangguan jiwanya harus melibatkan dokter ahli di bidangnya, bukan dari penyelenggara pemilu,”tegasnya. (aro)

Share :

Baca Juga

Kobar

Usai Dimediasi, Asosiasi Kontraktor dan Dinas PUPR Sepakat Damai

Kobar

Mantap… Pasar Indra Sari Dipasang Eskalator

Kobar

Puluhan Personel Satpol PP Kobar Jalani Rapid Test

Kobar

Upacara Peringati HUT RI di Kobar Dilaksanakan dengan Protokol Kesehatan 

Kobar

Waduh..Arus Mudik di Pelabuhan Roro Nyaris Ricuh, Ditemukan Penumpang Beda Harga dan Nama

DPRD Kobar

Waspada Kontak Langsung Saat Naik Bus dan Travel

Kobar

Pengendara Diminta Berhati-hati Melintasi Jalan Ahmad Yani

Kobar

Tragis, Dua Bocah Berusia 6 Tahun Tewas Tenggelam dalam Embung
error: Content is protected !!