Home / Kobar

Minggu, 21 Oktober 2018 - 12:38 WIB

Lapas Pangkalan Bun Bekali Warga Binaan Bercocok Tanam

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), memberikan bekal berupa pelatihan kepada warga binaan untuk bercocok tanam dan berternak. Pembekalan ini diberikan dalam rangka membentuk mental dan keahlian para warga binaan yang tinggal di dalam Lapas Pangkalan Bun.

Kalapas saat meninjau lokasi berternak ayam yang dilakukam warga binaan setempat.

“Pemberian bekal pelatihan bercocok tanam kepada warga binaan ini kita harapkan bisa berdampak membentuk mental positif warga binaan, salah satunya bisa bercocok tanam dan berternak. Buktinya dari hasil berkebun ini mereka sudah sering panen demikian juga saat berternak ayam dan ikan,”ungkap Kalapas IIB Pangkalan Bun Kusnan kepada Kalteng Ekspres.com Minggu (21/10).

Baca Juga :  Peduli Masyarakat Kurang Mampu, PT BGA Bedah Rumah Warga Kolam

Menurut Kusnan, ada beberapa warga binaan di Lapas setempat yang memiliki keahlian dibidang pertanian dan peternakan. Karena itu, warga binaan tersebut diberikan kesibukan supaya saat berada di tengah masyarakat nanti mereka bisa mandiri.

“Kegiatan ini juga untuk memberikan aktivitas kepada warga binaan agar selama berada do balik jeruji tidak jenuh,”ujarnya.

Kalapas saat memperlihatkan tanaman pisang di kawasan Lapas setempat oleh warga binaan.

Ia menjelaskan, selama melaksanakan aktivitas bercocok tanam ini, ada beberapa kendala yang dihadapi pihaknya. Khususnya dari segi bibit, baik itu bibit pertanian maupun peternakan.

Baca Juga :  Evakuasi Molor, Kedatangan KM Kirana ke Kumai Dipastikan Terlambat

“Selama ini jenis sayuran dan buah yang ditanam berupa terong, cabe, bawang, sawi, daun sop, dan pisang. Sementara untuk ternak seperti ayam, itik, dan ikan,”paparnya.

Pada kesempatan itu ia berharap agar ada sinergitas kerjasama dengan dinas terkait. Sehingga pihaknya bisa terbantui khususnya untuk pengadaan bibit pertanian. Disamping itu Lapas setempat bisa belajar dan mendatangkan ahlinya dibidang pertanian dan peternakan. (sro)

Share :

Baca Juga

Kobar

Polisi Bidik Pelaku Penyalahgunaan BBM Subsidi

Kobar

Pulang Kerja, Pengendara Motor Wanita Nyaris Dibegal

Kobar

Kabut Asap Mulai Mengganggu Penerbangan di Bandara Iskandar

Kobar

Dewan Terima Ranperda LKPj Tahun 2017

Kobar

Jalin MoU dengan Dikbud, Kejari Kobar Bidik Kasus Pungli di Sekolah

Kobar

Nahas, Kebakaran Kandang Ayam Tewaskan Satu Keluarga

Kobar

60 Peserta Ikut Seleksi Timnas U-16 dan 19

Kobar

Antisipasi Kerawanan, Polisi Giat Patroli KamtibmasÂ