Home / Kobar

Minggu, 21 Oktober 2018 - 12:38 WIB

Lapas Pangkalan Bun Bekali Warga Binaan Bercocok Tanam

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), memberikan bekal berupa pelatihan kepada warga binaan untuk bercocok tanam dan berternak. Pembekalan ini diberikan dalam rangka membentuk mental dan keahlian para warga binaan yang tinggal di dalam Lapas Pangkalan Bun.

Kalapas saat meninjau lokasi berternak ayam yang dilakukam warga binaan setempat.

“Pemberian bekal pelatihan bercocok tanam kepada warga binaan ini kita harapkan bisa berdampak membentuk mental positif warga binaan, salah satunya bisa bercocok tanam dan berternak. Buktinya dari hasil berkebun ini mereka sudah sering panen demikian juga saat berternak ayam dan ikan,”ungkap Kalapas IIB Pangkalan Bun Kusnan kepada Kalteng Ekspres.com Minggu (21/10).

Baca Juga :  Jago Merah Luluh Lantakan Ruko Sembako di Katingan

Menurut Kusnan, ada beberapa warga binaan di Lapas setempat yang memiliki keahlian dibidang pertanian dan peternakan. Karena itu, warga binaan tersebut diberikan kesibukan supaya saat berada di tengah masyarakat nanti mereka bisa mandiri.

“Kegiatan ini juga untuk memberikan aktivitas kepada warga binaan agar selama berada do balik jeruji tidak jenuh,”ujarnya.

Kalapas saat memperlihatkan tanaman pisang di kawasan Lapas setempat oleh warga binaan.

Ia menjelaskan, selama melaksanakan aktivitas bercocok tanam ini, ada beberapa kendala yang dihadapi pihaknya. Khususnya dari segi bibit, baik itu bibit pertanian maupun peternakan.

Baca Juga :  Oknum Petugas Lapas Sampit Ditangkap BNNP Kalteng

“Selama ini jenis sayuran dan buah yang ditanam berupa terong, cabe, bawang, sawi, daun sop, dan pisang. Sementara untuk ternak seperti ayam, itik, dan ikan,”paparnya.

Pada kesempatan itu ia berharap agar ada sinergitas kerjasama dengan dinas terkait. Sehingga pihaknya bisa terbantui khususnya untuk pengadaan bibit pertanian. Disamping itu Lapas setempat bisa belajar dan mendatangkan ahlinya dibidang pertanian dan peternakan. (sro)

Share :

Baca Juga

Kobar

KPUD dan Bawaslu Kobar Gelar Rakor Penyempurnaan Data Pemilih

Kobar

Stok Masker Berkurang, Harga Jual Naik Capai Rp 10 Ribu Perlembar

Kobar

Warga Positif Covid-19 di Kobar Nekat Mencoblos 

Kobar

Korban Kelotok Tenggelam Ditemukan Tak Bernyawa

Kobar

Gasak Buah Sawit Milik Perusahaan, Pencuri dan Penadah Diringkus Polisi 

Kobar

Diduga Bocor, Operasi Yustisi Tim Gabungan Hanya Berhasil Mengamankan 107 Botol Arak

Hukum Kriminal

Congkel Pintu Dapur, Bandit Cilik Ini Embat Jutaan Rupiah  

Kobar

TNI AU Lanud Iskandar Gelar Baksos dan Bantu Pasukan Kuning
error: Content is protected !!