Home / Kobar

Selasa, 16 Oktober 2018 - 14:15 WIB

Bupati Serahkan Bantuan Alsintan Bagi Poktan

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) mendapat bantuan alat mesin pertanian (alsintan) dari Kementerian Pertanian melalui dana APBN 2018.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Kobar Hj Nurhidayah kepada perwakilan kelompok tani (poktan) di enam kecamatan, di halaman Kantor Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Kobar, Selasa (16/10/2018).

Bupati mengatakan, bantuan dari Kementerian Pertanian RI yang diserahkan ini terdiri-dari 10 mesin pompa air, 11 hand tracktor, dan satu traktor mini. Ia berharap bantuan tersebut bisa memotivasi para petani yang ada di Kobar agar lebih bersemangat dalam bertani.

Baca Juga :  Pedagang Pasar Ramadhan Antusias, 60 Lapak Tersedia Terisi Semua

“Saya berpesan kepada para petani agar merawat bantuan ini dan dipergunakan semaksimal mungkin, supaya hasil pertanian bisa lebih banyak. Kemudian jika di lapangan mengalami kendala dalam penggunaannya, kita sudah berkoordinasi kepada pabrik pembuatnya untuk dilakukan pendampingan,”ujar Nurhidayah.

Sementara itu, Kepala Dinas TPHP Kobar Kamaluddin mengatakan, bantuan ini dibagikan kepada kelompok tani di beberapa kecamatan yang ada di Kobar. Yakni di Kecamatan Arut Selatan, Pangkalan Lada, Pangkalan Banteng, Kumai, Arut Utara dan Kotawaringin Lama.

Baca Juga :  Pencarian Tiga Nelayan Mendawai di Laut Dihentikan

“Harapanya dengan adanya bantuan ini bisa bermanfaat bagi para petani. Terutama dalam menghadapi musim kemarau dan kita berharap bisa bercocok tanam tanpa membakar lahan, karena bisa terjadi karhutla. Setidaknya dengan bantuan traktor ini bisa mempermudah petani membuka lahan baru,”ungkap Kamaluddin kepada awak media Selasa (16/10).

Pada kesempatan itu ia juga berpesan kepada para poktan agar merawat alsintan ini dan dimanfaatkan dengan baik. “Tolong alat ini dijaga dan dirawat agar bisa dipinjamkan kepada kelompok tani yang belum mendapatkan bantuan,”paparnya.(sro)

Share :

Baca Juga

Kobar

Mantap! Kwarcab Kobar Raih Juara Umum Kemah Besar se-Kalteng

Kobar

Bupati Lounching Penanaman Kopi di Desa Penyombaan

Kobar

Labrak Aturan, Puluhan APK Caleg Ditertibkan Bawaslu Kobar

Kobar

Hadiri Natal Se-Kobar, Bupati Harapkan Jadi Momentum Semangat Bangun Daerah

Kobar

Cari Dua Balita Tenggelam, Tim SAR Sisir Kawasan TKP

Kobar

KUA Arsel Berlakukan Batas Usia Menikah Minimal 19 Tahun

Kobar

Diusia 59, Gubernur Harapkan Kobar Terus Berkembang Lebih Maju

Kobar

Astaga!! Meriam Kuno Ini Ditemukan Warga Dipinggir Sungai
error: Content is protected !!