Dipergoki Pemilik, Aksi Pencurian Sarang Walet di Lempuyang Terbongkar

SAMPIT, KaltengEkspres.com – Polisi Sektor (Polsek) Jaya Karya Samuda menciduk seorang warga bernama M Amin (34). Pria ini diamankan karena tertangkap basah warga dan anggota Polsek Jaya Karya sedang beraksi membobol sarang walet milik warga Desa Lempuyang Kecamatan Teluk Sampit Kabupaten Kotim bernama H Abdul Hair, Minggu (29/7) sekitar pukul 01.00 WIB.

Informasi yang dihimpun KaltengEkspres.com dilapangan penyebutkan, penangkapan terhadap pelaku ini berawal saat pemilik bangunan H Abdul Hair memergoki aksi pencurian yang awalnya dilakukan oleh empat orang pelaku tersebut.

Namun saat itu tiga pelaku berhasil melarikandiri. Sedangkan satu orang pencuri yang berada di dalam gedung berhasil diamankan warga bersama petugas kepolisian setempat.

Kapolres Kotim AKBP Mohammad Rommel Melalui Kapolsek Jaya Karya Ipda Hamdan Samudro saat di konfirmasi membenarkan adanya penangkapan tersebut. Menurut dia, kejadian itu diketahui setelah warga setempat melaporkan kepada pihaknya.

Menerima laporan ini, pihaknya langsung menuju TKP. Saat berada di TKP, satu pelaku yang terkurung di dalam bangunan sudah diamankan. Setelah itu pelaku langsung digelandang ke Mapolsek Jaya Karya untuk melakukan pengembangan.

“Karena saat beraksi melakukan aksi pencurian tersebut pelaku tidak sendirian, ia dibantu tiga orang rekannya. Namun pada saat kami menuju TKP dan hendak mengamankan pelaku. Ketiga rekannya ini berhasil melarikan diri,”ungkap Hamdan kepada KaltengEkspres.com Senin (30/7).

Ia menjelaskan, saat ini anggota masih melakukan pengejaran terhadap ketiga pelaku yang melarikan diri. Sementara barang bukti yang diamankan yakni satu buah tali tambang ukuran kecil warna kuning, satu buah skrep alat untuk mengambil sarang sarang burung walet ± 0.5 kg dan satu buah jangkar buatan dari besi baja yang digunakan para pelaku untuk memanjat gedung.

“Akibat ulahnya ini pelaku dijerat pasal 363 KUHP tentang curat dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara,”paparnya. (MR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here