Home / Katingan

Selasa, 24 April 2018 - 17:40 WIB

Serapan Anggaran Triwulan Pertama Masih Rendah, Sekda Sentil SOPD Katingan

KASONGAN, KaltengEkspres.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Katingan Nikodemus, menyentil satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) terkait masih rendahnya serapan anggaran pada triwulan pertama (1) di Kabupaten Katingan tahun ini. 

“Permasalahan realisasi serapan anggaran belanja pemerintah baik nasional, provinsi, maupun kabupaten selalu pada rendahnya realisasi belanja pada awal tahun dan selalu menumpuk pada akhir tahun anggaran. Hal ini juga terjadi di daerah kita,”ujarnya saat membacakan sambutannya rapat koordinasi pengendalian (Rakordal) triwulan I di Aula Bappelitbang Selasa (24/4).

Jika penyebabnya karena kurang matangnya persiapan, termasuk proses pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintahan sehingga mengakibatkan anggaran yang sudah tersedia di awal tahun kurang terserap. Maka kepada seluruh perangkat daerah agar berkomitmen dan konsekuen terhadap jadwal pelaksanaan program tahun anggaran 2018.

Baca Juga :  Dua Pelaku Percobaan Pencuri Sarang Walet Dibekuk Polisi, Satu Masih Buron
“Saya menegaskan agar pelaksaan program untuk tahun 2018 sesuai time schedule yang telah dibuat sehingga pelaksanaan yang tepat waktu dan sasaran dapat mempercepat penyerapan APBD,”paparnya.

Menurut dia, dengan mempercepat penyerapan anggaran tersebut maka salah satu stimulan laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Katingan dapat ditingkatkan. Namun sebaliknya jika serapan masih rendah, maka laju pertumbuhan dan pembangunan daerah bisa jalan ditempat. 

Sementara itu dalam rakordal tersebut juga dihadiri oleh Ketua DPRD Katingan Ignatius Mantir L. Nussa, Kepala Kejaksaan Negeri Katingan Philipus Khalolik,  Wakapolres Kompol O.K Azhar, dan seluruh Kepala SOPD serta camat se-Kabupaten Katingan. (ejk)

Share :

Baca Juga

Katingan

Operasi Katarak Gratis Pemkab Katingan Diikuti Ratusan Warga

Katingan

Delapan Rumah Warga Kasongan Diamuk Jago Merah

Katingan

Polda Kalteng Tetapkan Yantenglie Tersangka Kasus Raibnya Kas Katingan

Katingan

Bejat! Setubuhi ABG, Aju Diringkus Polisi

Katingan

Katingan Menargetkan Juara Tiga Besar MTQ Provinsi Kalteng

Katingan

Agar Viral, Remaja Katingan Nekat Panjat Tiang Jembatan Tumbang Samba

Katingan

Disambar Mobil, Pasutri Tewas di tempat

Katingan

Ketua TP-PKK Katingan Divaksin Covid-19
error: Content is protected !!