Home / Katingan

Selasa, 24 April 2018 - 17:40 WIB

Serapan Anggaran Triwulan Pertama Masih Rendah, Sekda Sentil SOPD Katingan

KASONGAN, KaltengEkspres.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Katingan Nikodemus, menyentil satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) terkait masih rendahnya serapan anggaran pada triwulan pertama (1) di Kabupaten Katingan tahun ini. 

“Permasalahan realisasi serapan anggaran belanja pemerintah baik nasional, provinsi, maupun kabupaten selalu pada rendahnya realisasi belanja pada awal tahun dan selalu menumpuk pada akhir tahun anggaran. Hal ini juga terjadi di daerah kita,”ujarnya saat membacakan sambutannya rapat koordinasi pengendalian (Rakordal) triwulan I di Aula Bappelitbang Selasa (24/4).

Jika penyebabnya karena kurang matangnya persiapan, termasuk proses pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintahan sehingga mengakibatkan anggaran yang sudah tersedia di awal tahun kurang terserap. Maka kepada seluruh perangkat daerah agar berkomitmen dan konsekuen terhadap jadwal pelaksanaan program tahun anggaran 2018.

Baca Juga :  Dua Napi Kabur Lapas Kasongan Berhasil Dibekuk
“Saya menegaskan agar pelaksaan program untuk tahun 2018 sesuai time schedule yang telah dibuat sehingga pelaksanaan yang tepat waktu dan sasaran dapat mempercepat penyerapan APBD,”paparnya.

Menurut dia, dengan mempercepat penyerapan anggaran tersebut maka salah satu stimulan laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Katingan dapat ditingkatkan. Namun sebaliknya jika serapan masih rendah, maka laju pertumbuhan dan pembangunan daerah bisa jalan ditempat. 

Sementara itu dalam rakordal tersebut juga dihadiri oleh Ketua DPRD Katingan Ignatius Mantir L. Nussa, Kepala Kejaksaan Negeri Katingan Philipus Khalolik,  Wakapolres Kompol O.K Azhar, dan seluruh Kepala SOPD serta camat se-Kabupaten Katingan. (ejk)

Share :

Baca Juga

Katingan

Jamaah Masjid Nurul Iman Berkerjasama Ortom Muhammadiyah Bagikan Sembako

Katingan

Rumah Kontrakan di Pasar Kereng Pangi Berkobar

Katingan

Patroli Gabungan Jaring Sejumlah Pemuda Tak Pakai Masker

Katingan

Korwil IMI Katingan Gelar Gathering Club Motor

Katingan

Pjs Bupati Harapkan Road Race Jadi Wadah Mengasah Bakat Pembalap Katingan

Katingan

LPTQ Katingan Gelar Rapat Persiapan STQH dan MTQ

Katingan

Terjadi Lonjakan Penderita Covid-19, Pasar Kereng Pangi Disterilisasi

Katingan

Bupati Minta Dinas Sosial dan Perindustrian Perdagangan UKKM, Proaktif