Home / Seruyan

Senin, 16 April 2018 - 21:38 WIB

Pjs Bupati Harapkan Investor Sinergi Dalam Meningkatkan Pembangunan Daerah

KUALA PEMBUANG, KaltengEkspres.com
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan mengharapkan investor bisa sinergi dalam berupaya meningkatkan pembangunan dan pendapatan daerah Kabupaten Seruyan. Harapan ini disampaikan langsung oleh  Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Seruyan Leonard S Ampung. 
Menurut Leonard,  pelaku usaha di sektor perkebunan, pertambangan dan perhutanan, telekomunikasi serta koperasi plasma sangat strategis dalam mendukung kelancara roda perekonomian dan pembangunan di Kabupaten Seruyan. 

“Untuk itu dibutuhkan kerjasama yang baik dan sinergitas antara pemerintah daerah dengan para pengusaha atau investor ink,” katanya dalam sebuah kegiatan di Jakarta, Senin (16/4/2018).

Ia menjelaskan, upaya untuk meningkatkan pendapatan daerah, khususnya dari pendapatan daerah harus ditingkatkan setiap tahunnya, sehingga pada gilirannya dapat mendukung kelangsungan dan peningkatan pembangunan di segala bidang.

Baca Juga :  Unda Seruyan Gelar Nobar G30S PKI
Dari sisi keuangan daerah lanjut dia, pendapatan daerah diibaratkan sebagai jantung yang memompa aliran dana untuk membiayai setiap program atau kegiatan yang terkait dengan tugas penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan daerah.

“Sehingga untuk itulah diperlukan upaya peningkatan pendapatan dserah yang berorientasi pada pelayanan publik yang berkualitas,”paparnya.

Dengan demikian, tambah Leonard, pemanfaatan potensi sumber daya alam dan ekonomi masyarakat daerah dapat dimanfaatkan. Sehingga berdampak bisa dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat. 

Baca Juga :  Lestarikan Budaya Lokal, DPK Seruyan Gelar Lomba Bercerita Anak

Dalam Peraturan Daerah Kabupaten Seruyan Nomor 14 Tahun 2010 tentang Pajak Daerah merupakan implementasi dari Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 sebagai dasar hukum pemungutan pajak daerah. Maka dari itu, instensifikasi dan ekstensifikasi sumber-sumber PAD harus dioptimalkan, sehingga peran PAD terhadap APBD dapat ditingkatkan. 

“Pemkab Seruyan bersama DPRD telah menetapkan target pendapatan APBD tahun ini yang sudah pasti menjadi kewajiban kita untuk mengamankannya,” tandas Leonard. (vs)

Share :

Baca Juga

Seruyan

Diserang Penyakit, 644 Ha Kebun Pisang Seruyan Bakal Diremajakan

Seruyan

Fokus Bangun Seruyan, Yulhaidir Janji Kurangi Perjalan Dinas Keluar Kota

Seruyan

Pengamanan Pelabuhan Segintung Diperketat

Seruyan

Setubuhi Gadis Dibawah Umur, Pemuda Seruyan Dibekuk Polisi

Seruyan

Polres Seruyan Ungkap Dua Kasus Illegal Logging Selama Operasi Wanalaga

Seruyan

Tak Berizin, 3.800 Gram Merkuri Milik Warga Disita Polres Seruyan

Seruyan

Ratusan Rumah Warga Tenggelam, Seruyan Tetapkan Status Darurat Banjir 

Seruyan

20 Penderita Gangguan Jiwa Dipasung di Seruyan