Polres Seruyan Tegaskan Larangan Membakar Lahan

KUALA PEMBUANG, Kaltengekspres.com
Kepolisian Resor Seruyan menegaskan kepada seluruh masyarakat di wilayah tersebut untuk tidak membakar lahan dengan berbagai alasan apapun.

“Warga jangan membakar hutan dan lahan walau dengan alasan apapun,” kata Kapolres Seruyan AKBP nandang Mu’min Wijaya di Kuala Pembuang, Kamis (22/02/2018).

Ia mengatakan, dampak dari kebakaran hutan dan lahan sangat menganggu kesehatan dan juga berbagai aktifitas masyarakat. Maka dari itu, dalam upaya untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Seruyan, pihaknya terus melaksanakan pendekatan kepada masyarakat dan melaksanakan sosialisasi.

“Pendekatannya pun secara langsung maupun melalui spanduk-spanduk yang kita pasang disejumlah titik sebagai peringatan untuk tidak membakar lahan,”ungkapnya.

Mantan Kasubdit I Dit Resnarkoba Polda Kalteng ini menegaskan, tindakan membakar hutan dan lahan merupakan tindakan yang melanggar aturan, walau dengan alasan apapun.

Apabila pihaknya menemukan warga yang membakar lahan dengan sengaja, maka pihaknya akan melakukan pengamanan terhadap oknum yang membakar tersebut dan akan diproses sesuai hukum yang berlaku.

“Untuk itu harus menjadi perhatian masyarakat bahwa tindakan pembakaran lahan merupakan upaya melanggar hukum,” tegasnya.

Menurutnya, aksi membakar hutan dan lahan tentunya akan banyak menimbulkan berbagai kerugian dan dampak negatif, dan apabila terus dibiarkan tentunya kerugian kerusakan hutan, ekonomi serta kesehatan masyarakat.

“Kita dan seluruh masyarakat tentunya fenomena kabut asap di Seruyan tidak terjadi lagi,” terangnya.

Kapolres juga meminta agar masyarakat berperan aktif mengantisipasi terjadinya bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan dengan cara memberikan informasi secepatnya kepada instansi terkait bila melihat kebakaran di daerahnya masing-masing.

“Sehingga dengan informasi tersebut akan dapat secepatnya dilakukan tindakan pemadaman,”tandasnya. (vs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here