Perluas Lahan Pertanian, DKPP Harapkan Eksavator Provinsi Dipinjam ke Seruyan

KUALA PEMBUANG, Kaltengekspres.com – Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian (DKPP) Seruyan mengharapkan agar bisa meminjam pakai eksavator milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah untuk keperluan pertanian.

Hal tersebut disampaikan Kepala DKPP Seruyan Sugianoor saat penyerahan bantuan alat dan mesin pertanian kepada kelompok tani, yang juga di hadiri oleh Pjs. Bupati Seruyan Leonard S Ampung dan Sekretaris Daerah Haryono di balai benih Kuala Pembuang, Selasa(27/2/2018).

Ia menerangkan, saat ini Seruyan hanya memiliki satu buah eksavator mini yang merupakan bantuan dari kementerian Pertanian. ” Ini juga belum bisa digunakan dengan maksimal, karen truck atau kendaraan untuk mobilisasi eksavator tersebut masih belum ada,” ujar Sugianoor.

Ia menjelaskan, karena adanya penurunan produktivitas pertanian di Seruyan yang di akibatkan sulitnya membuka lahan karena adanya larangan membuka lahan dengan cara membakar, ia menyarankan untuk meminjam eksavator milik pemerintah provinsi. “Kita harapakan eksavator milik provinsi bisa kita pinjam pakai minimal satu untuk mencabut tunggul,”katanya.

Ditempat yang sama menyikapi harapan tersebut Pjs. Bupati Seruyan Leonard S Ampung mengatakan, untuk daerah atas yang memang notaben lahannya memiliki banyak tunggul yang besar memang sangat membutuhkan eksavator untuk membersihkannya sehingga ia sangat mendukung usulan tersebut serta akan mencoba menbuat surat permohonan kepada pemerintah Provinsi.

“Eksavator di provinsi itu banyak sekai di dinaa pertanian provinsi, kalo untuk daerah yang memiliki banyak tunggul memang sangat memerlukan eksavator jadi nanti kita akan segera surati Prmprov untuk permohonan peminjaman,”ungkapnya. yy

Ia mengatakan, pihaknya akan mencoba meminta kepada Gubernur untuk peminjaman alat ini, minimal satu untuk di Kabupaten Seruyan. (vs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here