Lima Desa di Seruyan Ikut Program KRPL

KUALA PEMBUANG, Kaltengekspres.com –
Tahun ini ada lima desa di Kabupaten Seruyan yang akan mengikuti Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Program yang bertujuan untuk mengajak masyarakat desa memanfaatkan pekarangan rumahnya sebagai lahan yang dapat menunjang kebutuhan pangannya ini, didanai dari APBN.

“Untuk 5 desa tersebut yakni Desa Tumbang Bai, Suku Mulya , Tanjung Hanau, Paring raya dan Desa Sembuluh satu,” ujar Kepala Dinas Ketahanan pangan Dan Pertanian (DKPP) Seruyan Sugianoor saat di konfirmasi melalui via whatsapp, Senin (26/2/2018).

Ia mengatakan, terpilihnya lima desa ini berdasarkan hasil survei lokasi, dan karena lokasi dianggap cocok serta di Sana juga ada Kelompok Tani sehiingga terpilih lah desa tersebut.

“Nantinya lima desa ini akan di berikan dana masing-masing Rp. 50 juta untuk membeli bibit serta keperluan lainnya dan itu wajib,”ungkapnya.

Sedangkan untuk komoditas tanaman yang di tanam warga nantinya lanjut dia, beragam, namun lebih diutamakan menanam tanaman Cabai dan bawang Merah. “Nantinya apabila ada desa yang sukses menjalankan program ini kita sudah menyiapkan reward tersendiri yaitu ikut di Hari Pangan Sedunia yang akan di gelar di Provinsi Kalimantan Selatan,”paparnya.

Ia juga mengharapkan, agar semua desa bisa mandiri dan dapat memanfaatkn lahan pekarangan dengan menanam berbagai macam tanaman sayuran, termasuk cabai dan bawang merah dan lainnya.(vs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here