Dinilai Belum Maksimal, Sekda Sentil Kinerja Penyuluh Pertanian

KUALA PEMBUANG, Kaltengekspres.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Seruyan Drs. Haryono menekan agar kinerja para penyuluh pertanian lebih ditingkatkan lagi, dan para penyuluh juga harus dibekali dengan ilmu pengetahuan mengenai pertanian yang banyak.

Sehingga penyuluh pertanian bisa menjadi panutan yang baik bagi petani. Hal ini diungkapkan Haryono saat membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Penyuluh Pertanian di Gedung Serbaguna Kuala Pembuang, Selasa (20/2/2018).

Menurut Haryono, saat ini Seruyan sedang kiatnya meningkatkan produksi pertanian. Bahkan untuk meningkatkan ini dipercayakan pemerintah pusat dan daerah kepada Kadis DKPP Seruyan. 

Karena itu lanjut dia, agar kedepan para penyuluh bisa betul menjalankan tugasnya dengan baik, terutama terkait dengan meningkatkan kinerja. Jadi para penyuluh harus diberi pengetahuan lebih mengenai pertanian.

“Yang dimaksud kinerja itu banyak terutama kinerja dalam menghadapi para petani untuk memberikan pengetahuan mengenai cara tanam maupun cara membasmi hama jadi hal itu harus dikuasai semua oleh para penyuluh pertanian,”ungkap Haryono. 

Ia menerangkan, bahwa selama ini keluhan masyarakat Seruyan adalah hama yang sering mengganggu lahan pertanian warga. Sehingga paling tidak para penyuluh harus dibekali mengenai cara membasmi hama, cara tanam, cara mengetahui tekstur tanah serta cara budidaya pertanian secara keseluruhan.

“Jangan sampai pengetahuan para penyuluh kalah dengan para petani bila seperti itu para penyuluh akan nganggur nanti,”terangnya. (vs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here