Home / Kotim

Kamis, 8 Februari 2018 - 20:00 WIB

Dinas Perikanan Kotim Persiapkan 600 Ha Lahan Tambak Udang Windu

SAMPIT, Kaltengekspres.com – Desa Kuin Permai dan Regei Lestari kecamatan Teluk Sampit bakal menjadi pusat pembudidayaan udang windu. Hal ini dikarenakan Pemerintah Daerah (Pemda) Kotim akan membangun tambak udang windu seluas 600 hektar lahan di kedua desa tersebut. Itu diungkapkan oleh Kadis Perikanan Kotim Heriyanto saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (8/2/2018).
“Perkiraan kita bulan Mei ini sudah mulai dikerjakan di lapangan,” kata Herianto.

Ia menjelaskan, anggaran untuk membangun tambak seluas itu dikucurkan Rp 9 milyar yang bersumber dari dana APBN. Diperkirakan tambak seluas itu bisa menghasilkan udang windu mencapai puluhan ton sekali panen.

Baca Juga :  Pelaku Pemilik 1,56 Gram Sabu Ditetapkan Tersangka, Empat Lainnya Dibebaskan
“Kelebihan budidaya udang ini adalah mereka tidak perlu pakan khusus karena sejak ditabur bibit udang ini bisa cari makan sendiri dari lumut kolam yang mereka tinggali, jadi biaya pemeliharaannya rendah,”ungkapnya.

Saat ini kedua desa tersebut memang sudah ada tambak udang windu yang telah menghasilkan 4 ton udang setiap panen. Karena kemampuan warga sudah ada dalam teknik budidaya tersebut secara otomatis mereka akan menularkan kemampuannya kepada petambak yang lainnya.

Dikatakannya, udang windu ini memiliki pasar yang cerah karena bisa diekspor. “Informasi yang kami dapatkan para petambak udang mengaku sebanyak apapun panen yang mereka dapat selalu ada pengumpulnya dan bahkan sudah ada yang memasok ke pulau Jawa,”tandas Herianto. (FR)

Share :

Baca Juga

Kotim

6 Anggota DPRD Kotim Diperiksa Polisi Terkait Dugaan SPPD Fiktif 

Kotim

Canda Tawa Anggota TNI dan Warga Akan Segera Berakhir di Lokasi TMMD

Kotim

AMPI dan KNPI Kotim Sinergi Dalam Baksos

Kotim

Tingkatkan Mutu Pendidikan, SMP Bumitama Gelar Seminar Parenting

Kotim

Ibu Bayi Kembar Ditangkap Polisi 

Kotim

Polsek Sungai Sampit Diisukan Diserang Warga, Polres Kotim Sebut Isu Tidak Benar

Kotim

Polisi Gerebek Sarang Pengedar Sabu Baamang, Tiga Orang Ditangkap

Kotim

Bangunan Walet dan Rumah di Parenggean Diamuk Sijago Merah