Home / Seruyan

Sabtu, 27 Januari 2018 - 16:36 WIB

Kejari Seruyan Intensifkan Program Jaksa Masuk Sekolah

KUALA PEMBUANG, KaltengEkspres.com
Kejaksaan Negeri (Kejari) Seruyan, akan mengintensifkan program jaksa masuk sekolah untuk menumbuhkembangkan mental antikorupsi bagi pelajar di Kabupaten Seruyan.
“Program jaksa masuk sekolah itu berupa penyuluhan di kelas dengan materi hukum khususnya mengenai antikorupsi,” kata Kepala Kejaksaan Negeri Seruyan Djasmaniar di Kuala Pembuang, Sabtu(27/01/2018).

Ia mengatakan, program jaksa masuk sekolah sudah dijalankan oleh Kejari Seruyan sejak 2016 lalu, dan akan kembali digiatkan pada awal Februari 2018 dengan mengunjungi berbagai sekolah di “Bumi Gawi Hatantiring” secara bergiliran.

“Pada 2016 dan 2017 sudah banyak sekolah yang telah kita kunjungi, mulai dari SD, SMP hingga SMA,”ungkapnya.

Ia menjelaskan, jaksa masuk sekolah merupakan salah satu program unggulan kejaksaan dalam menindaklanjuti Instruksi Presiden tentang aksi pencegahan tindak pidana korupsi.

“Selain penindakan, unsur pencegahan merupakan bagian penting dalam penanganan tindak pidana korupsi, dan sekarang orientasi penanganan korupsi juga mulai bergeser dari penindakan ke pencegahan,”paparnya.

Menurut dia, program jaksa masuk sekolah juga merupakan wujud peran serta kejaksaan dalam upaya menciptakan sebuah tatanan kehidupan yang bersih dari korupsi.

“Lewat pendidikan antikorupsi generasi muda sebagai generasi penerus diharapkan dapat menyadari bahwa korupsi tidak hanya merusak perekonomian tapi juga tatanan kehidupan bangsa ini,”urai Djasmaniar.

 Ia menambahkan, selain program jaksa masuk sekolah, Kejaksaan berencana membuat program lain untuk membentuk karakter jujur, disiplin, bertanggungjawab di kalangan pelajar, yakni melalui kantin kejujuran di sekolah.

 “Untuk program kantin kejujuran di sekolah sedang kita komunikasikan dengan Dinas Pendidikan. Mudah-mudahan program bisa diwujudkan sehingga pelajar tidak hanya unggul dari intelektualitas tapi juga berakhlak,”tandasnya. (vs)

 

Share :

Baca Juga

Seruyan

Polres Seruyan OTT Empat ASN dan Honorer Bappeda

Seruyan

Bangun Pola Kemitraan Plasma, PT BJAP Tandatangani MoU dengan Masyarakat Seruyan Tengah

Seruyan

Jalin Sinergitas, Polres Seruyan Gelar Latihan Tembak

Seruyan

Lepas Kendali, Mobil Kafilah SHT Masuk Semak

Seruyan

Pemkab Seruyan Jalin MoU Dengan STAKN Palangka Raya

Seruyan

Kontingen Porprov Seruyan Target Raih 6 Besar

Seruyan

Wabup Seruyan Apresiasi Diskusi Online Bersama Bawaslu

Seruyan

Pemkab Seruyan Ajak Masyarakat Terapkan Pola Hidup Sehat