Dipadati Pengunjung, Pantai Kubu Sempat Terjadi Kemacetan Panjang

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Meski Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) sempat diguyur hujan lebat berulang kali, namun warga tetap antusias memanfaatkan waktu libur awal tahun untuk berlibur bersama keluarga ke tempat wisata seperti Pantai Kubu, Tanjung Keluang, serta Pantai Tanjung Penghujan.

Anggota Satlantas saat mengatur arus lalu lintas di Pantai Kubu yang padat pengendara

Kondisi ini mengakibatkan terjadi kepadatan volume kendaraan dan sempat terjadi kemacetan yang menimbulkan antrian cukup panjang, terutama di ruas jalan menuju pantai Kubu karena merupakan pantai pertama yang dilalui sebelum menuju ke pantai berikutnya.

Kasatlantas Polres Kobar, AKP Asdini Pratama Putra membenarkan hal tersebut. Menurut dia, secara keseluruhan arus kendaraan di Pantai Kubu dari sekitar pukul 09.00 Wib sampai dengan pukul 15.00 Wib terjadi lonjakan volume kendaraan yang datang tidak hanya berasal dari warga Kabupaten Kobar, namun juga dari Kabupaten tetangga.

“Saat itu memang macet sempat terjadi namun hanya satu jam, dan tidak bisa dikatakan macet karena arus lancarnya lebih banyak dibandingkan tidak lancarnya,”ujar Asdini.

Menurut Asdini, kemacetan durasi satu jam terjadi dikarenakan masyarakat yang tidak bisa bersabar dengan adanya penerapan satu jalur pada saat pulang dengan waktu yang sama. Sehingga tidak bisa mengikuti petunjuk yang sudah diberitahukan untuk menciptakan Kamseltibcar.

“Kuncinya adalah kerjasama dan pengertian antara petugas dan pengunjung karena semua mempengaruhi kelancaran ditempat tersebut. Apabila dilarang parkir jangan diparkir, apabila diarahkan jangan melawan arah, ya jangan melawan arah. Sebab jika itu tidak dihiraukan masyakarat sendiri yang merasakan akibatnya,”papar Asdini. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here