Pemkab Seruyan Prioritaskan Penyelesaian Ruas Jalan Segintung

KUALA PEMBUANG, Kaltengekspres.com – Untuk mempercepat operasionalnya Pelabuhan Teluk Segintung, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan mulai tahun depan memprioritaskan penyelesaian ruas jalannya. Hal itu diungkapkan langsung oleh Bupati Seruyan H Sudarsono kepada Kalteng Ekspres.com Jumat (1/12/2017).

“Penanganan jalan menuju Pelabuhan Segintung merupakan salah satu prioritas Pemkab Seruyan, karena kami ingin pelabuhan itu bisa lebih cepat beroperasi,”ujar  Sudarsono .

Sudarsono menjelaskan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI telah menunda rencana pengoperasian Pelabuhan Segintung yang semula tahun 2016 menjadi 2018. Hal itu untuk memberi kesempatan kepada Pemkab Seruyan untuk melengkapi berbagai fasilitas penunjang termasuk mempersiapkan akses jalan menuju Pelabuhan Segintung.

“Anggaran untuk peningkatan akses jalan menuju Pelabuhan Segintung sepanjang 17 kilometer dari Kuala Pembuang akan dialokasikan pada 2018,”paparnya.

Menurut Sudarsono, Pelabuhan Segintung yang menghadap langsung ke Laut Jawa sudah layak untuk dioperasionalkan, terutama untuk aktivitas bongkar muat barang. Lantaran sejauh ini sejumlah fasilitas di pelabuhan sudah selesai dibangun, seperti trestle sepanjang 1.400 meter, dermaga bongkar muat, terminal peti kemas, serta kantor pelabuhan.

“Sebenarnya Pelabuhan Segintung sudah siap operasional dengan catatan akses jalan juga harus sudah siap, karena itu kami berupaya agar akses jalan menuju pelabuhan bisa diselesaikan secepatnya,” ucapnya.

Sementara, Pelaksana Harian Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kuala Pembuang Abdullah menungkapkan, tahun ini Kemenhub RI telah mengucurkan anggaran Rp9,2 miliar untuk pembangunan sisi darat Pelabuhan Segintung, yakni untuk pembangunan terminal penumpang, akses jalan dalam pelabuhan, saluran air, pos, serta plang nama pelabuhan.

“Itu untuk mendorong percepatan operasional pelabuhan yang bakal menjadi pintu masuk Kalteng melalui jalur laut karena sesuai dengan target Pelabuhan Segintung harus sudah dapat dioperasionalkan pada 2018,”bebernya kepada Kalteng Ekspres.com  Jumat (1/12/2017).

Baca Juga :  Polsek Dusel Tindak Tegas Kejahatan Seksual Terhadap Anak

Menurutnya, berdasarkan hasil peninjauan di lapangan, Pelabuhan Segintung sudah layak untuk dioperasionalkan, dan beberapa kali hasil uji coba kapal bisa sandar di pelabuhan tanpa menemui kendala apa pun.”Beberapa kali kami coba kapal sandar, dan tidak ada masalah, artinya Pelabuhan Segintung siap operasional,”ungkapnya. (vs)

 

(vs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here