Home / Kobar

Kamis, 14 Desember 2017 - 13:25 WIB

Cegah Penimbunan Sembako,Tim Gabungan Sidak Pasar dan Distributor di Kobar

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Tim gabungan pengendalian pangan baik dari Polda Kalteng, Polres Kotim dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar), menggelar inspeksi mendadak (sidak) disejumlah pasar di Kota Pangkalan Bun, Kabupaten Kobar. Sidak ini dipimpin langsung Dir Pam Obvit Polda Kalteng AKBP Aries Syahbudin, Kamis (14/12/2017) sekitar pukul 09.00 Wib.

Tim saat sidak Pasar Indrasari Kelurahan Baru.

“Sidak ini kita laksanakan bertujuan untuk mengetahui langsung harga sembako di pasaran, selain itu juga guna mencegah spekulan yang mempermainkan harga ataupun menimbun barang menjelang natal dan tahun baru. Dalam rangka memberikan kenyamanan kepada masyarakat Kalteng khususnya yang tinggal di Kabupaten Kobar ini,”ujar Aries Syahbudin saat dimintai keterangan sejumlah awak media seusai sidak.

Ia menjelaskan, dari hasil sidak tersebut pihaknya menemukan sejumlah barang yang mengalami kenaikan harga. Seperti telur, dan cabe keriting serta kentang. Hanya kenaikannya masih tidak terlalu tinggi. “Berdasarkan pengakuan pedagang, kenaikan sejumlah harga barang itu, diakibat cuaca buruk, yakni terjadi gelombang tinggi,”paparnya.

Kondisi inilah lanjut dia, menyebabkan pasokan pendistribusian jadi tersendat, karena Kobar ini masih bergantung dari Pulau Jawa. Ketika terjadi cuaca buruk dilaut Jawa, mempengaruhi distribusiannya. Yang akhirnya mengakibatkan kenaikan harga.

Baca Juga :  Bupati Buka Kobar Expo dan Galadesa

“Untuk itu lah, guna mencegah agar kenaikannya tidak melambung tinggi. Terutama menjelang natal dan tahun baru, kita melakukan langkah preventif melalui giat pengedalian harga diseluruh Polres di Kalteng. Supaya jika ada spekulan yang mempermainkan harga dan menimbun barang segera akan ditindak tegas,”ungkapnya.

Sementara itu Wakapolres Kobar Kompol Dhovan Oktavian yang juga ikut bersama tim mengatakan, giat ini dalam rangka mencegah kenaikan harga Sembako dan juga aksi menimbun barang dari para pedagang menjelang natal dan tahun baru. Sasarannya, selain para pedagang, juga sejumlah agen dan distributor yang ada di Kobar.

Baca Juga :  Kendaraan Beban Diatas 8 Ton Dilarang Tegas Melintas Jalan Kolam

Sementara itu pantauan Kalteng Ekspres.com di lapangan. Diawali apel bersama di Mapolres Kobar, tim langsung bergerak menuju Pasar Indrasari Kelurahan Baru Kecamatan Arut Selatan (Arsel) sekitar pukul 09.00 Wib. Dilokasi ini tim langsung memantau sejumlah pedagang yang beraktivitas berjualan dilokasi setempat.

Seusai meninjau lokasi ini, tim langsung bergerak melanjutkan sidak ke distributor beras UD. Bintang Makmur Jaya Jalan. A. Yani Kelurahan Baru. Setelah itu tim langsung menuju Gudang Bulog Kabupaten Kobar yang berada di Jalan Iskandar Kelurahan Madurejo.

Sidangkan dalam sidak ini, selain Dir Pam Obvit Polda Kalteng dan Wakapolres Kobar, juga diikuti oleh Kasubdit Sosbud Dit Intelkam Polda Kalteng, Kasat Pjr Dit Lantas Polda Kalteng, Wakapolres Kobar,Kasat Reskrim Polres Kobar,Kasat Intelkam Polres Kobar, ASN dari Bagian Ekbang Setda Kobar, aparatur Disperindagkop dan UKM Kobar, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Satpol PP dan Damkar serta Sub Drive Bulog Kabupaten Kobar. (hm)

Share :

Baca Juga

Kobar

Terlibat Tabrakan, Dua Pengendara Motor Tewas Terkapar

Kobar

BPOM Kobar Bagikan Sembako Kepada Paman Pentol

Kobar

Sabu Sitaan dari 11 Tersangka Pengedar Dimusnahkan

Kobar

KPUD Kobar Sosialisasi Aturan Kampanye Pilkada Kalteng 2020 

Kobar

Bupati Kobar Serahkan Bantuan Hibah Alsintan 

Kobar

Bejat, Seorang Pemuda Rudapaksa Gadis Dibawah Umur

Kobar

LKP ENTER Raih Penghargaan Pendidikan Nonformal

Kobar

Gudang Toko Buku di Pangkalan Bun Nyaris Berkobar