Sosialisasi Program Padat Karya, Menteri Desa PDTT RI Kunjungi Katingan

KASONGAN, Kaltengekspres.com – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Republik Indonesia Eko Putro Sandjojo, menyempatkan diri mengunjungi Kabupaten Katingan, Minggu (19/11/2017). Kedatangan menteri ini ke Kabupaten Katingan, untuk mensosialisasikan program padat karya di desa. Kedatangannya ini juga didampingi Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran.

“Kedatangan saya ke Kabupaten Katingan ini, merupakan instruksi dari Presiden. Yakni terkait mensosialisasikan program padat karya di desa-desa,”ujarnya ketika dimintai keterangan seusai melepas bibit Ikan patin di kolam pilot projek Hampangen, Minggu (19/11/2017).

Eko Putro Sandjojo menjelaskan, selain tentang program padat karya. Kedatangannya ini juga untuk mensosialisasikan program dana desa. Dimana untuk tahun depan dana desa wajib dilakukan secara suakelola, dan 30% dari dana desa untuk membayar upah pekerja.

Disamping itu lanjut dia, pihaknya juga saat ini telah menjalin kerjasama dengan Kementerian Pertanian, Kementerian BUMN dan Kementerian Kelautan untuk membuat program Kredir Usaha Rakyat (KUR) Kades.

“Tujuan dari KUR Kades ini yaitu targetnya tahun depan bisa menciptakan satu juta lapangan kerja baru di Kalteng,”ungkap Eko.

Sementara saat dimintai keterangan terkait memilih Kabupaten Katingan untuk dikunjungi. Ia menerangkan, dipilihnya Katingan karena di daerah ini akan ada pembuatan lahan pertanian, yaitu jagung dan juga lahan pembuatan embung yang akan dibangun dengan dana desa.

“Harapan kita adanya embung-embung ini, nanti akan menghasilkan disektor perikanan, jadiĀ  bisa mengurangi potensi stunting di desa-desa tertinggal,”paparnya.

Sementara itu Gubernur Kalteng Sugianto Sabran ketika dimintai keterangan mengatakab, menyambut baik dengan program tersebut. Dirinya berharap agar program itu ke depan bisa berjalan baik di Kalteng, terutama di Kabupaten Katingan yang menjadi salah satu percontohan untuk disosialisasikan. (Ejk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here