Awas!! Gorong-Gorong Ambruk, Badan Jalan Trans Tjilik Riwut Sampit-Kasongan Rawan Putus

KASONGAN, Kaltengekspres.com –Masyarakat pengendara, terutama yang bermuatan beban berat harus kerap berhati-hati saat melintasi ruas Jalan Tjilik Riwut KM 13,5 Kasongan-Sampit atau tepatnya di Desa Telangkah Kecamatan Katingan Hilir.

Pasalnya, gorong-gorong dibagian kiri di ruas jalan trans yang menghubungan Kabupaten Katingan-Kotim ini ambruk. Sehingga membuat kondisi ruas jalan di daerah setempat saat ini rawan putus, jika tidak cepat diperbaiki.Kejadian ambruknya gorong-gorong ini sejak dua hari yang lalu, hingga kini keadaanya semakin mendekati bagian aspal badan jalan.

Kondisi ini tentu sangat membahayakan bagi para pengguna jalan, karena jalan ini merupakan satu-satunya akses antar daerah tersebut.

Ketua RT.6 Desa telangkah Muhammad Ata  menuturkan, ambruknya gorong-gorong di ruas jalan setempat terjadi sejak dua hari yang lalu yakni sejak Jumat (24/11/2017). Pertama kali ambruk gorong-gorong tersebut tidak terlalu parah, namun sejak dua hari ini semakin membesar hingga mendekati bagian aspal jalan.

“Saat pertama ambruknya gorog-gorong itu tidak sebesar ini. Hanya di bagian pinggir, namun dua hari ini longsor tanahnya bertambah membesar, sudah mendekati aspal,”ungkap Ata kepada Kalteng Ekspres.com Minggu (26/11/2017).

Menurutnya gorong-gorong  tersebut ambruk akibat cuaca hujan yang cukup tinggi beberapa hari terakhir. Kondisi itu ditambah dengan banyaknya kendaraan yang melintas, karena jalan tersebut merupakan satu-satunya akses yang menghubungkan ke beberapa kabupaten lainnya.

Dirinya berharap agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan melalui instansi terkait untuk segera memperbaiki ruas jalan tersebut. Sehingga tidak berdampak menggangu aktivitas pengendara yang melintasinya.

“Saya sangat berharap kondisi gorong-gorong diruas jalan ini segera diperbaiki oleh instasi terkait. Jangan dibiarkan berlarut-larut karena bisa membayahakan pengendara yang melintasinya, akibat tanahnya ini akan terus longsor hingga ke tengah jalan,”paparnya.

Selain itu juga ia meminta agar pihak Polres Katingan melalui Satlantas bisa membuat spanduk pemberitahuan kepada pengendara terkait kerusakan bagian badan jalan di daerah setempat. (Ejk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here