Home / Lamandau

Selasa, 14 November 2017 - 15:12 WIB

Sembilan Poktan Lamandau Terima Alsintan dan UPPO dari Pemerintah Pusat

NANGA BULIK, Kaltengekspres.com – Sedikitnya 9 kelompok tani (Poktan) dari lima kecamatan se Kabupaten Lamandau menerima bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) dan unit pengolah pupuk organik (UPPO), dari Pemerintah Pusat.
Bantuan hasil perjuangan anggota DPR RI Komisi IV Hamdani tersebut, diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Lamandau Sugiyarto, dan Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Lamandau Sunarto kepada perwakilan 9 Poktan di halaman Kantor Distankan  Lamandau, Selasa (14/11/2017).

Sugiarto mengharapkan, bantuan itu agar bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin, dan jangan hanya di simpan terparkir di rumah, kemudan apabila terjadi kerusakan ringan segera lakukan perbaikan.

“Jangan dipaksakan untuk digunakan, sebab nanti malah menimbulkan kerusakan yang lebih parah,”ujar Sugiyarto seusai menyerahkan bantuan.

Sementara itu, Qusdus Sabil selaku staf ahli Hamdani yang mewakili Hamdani dalam acara penyerahan bantuan tersebut mengatakan, Kalteng merupakan salah satu provinsi yang di perhitungkan untuk pengembangan padi organik. Yang mana Kabupaten Lamandau merupakan salah satu daerah yang masuk dalam proyek pengembangan penanaman padi organik untuk wilayah Kalteng.

Baca Juga :  Diduga Palsukan Surat, Dua Kadis di Kobar Ini Diamankan Polda Kalteng

“Meskipun luas lahannya tidak terlalu besar seperti dua kabupaten lainnya.Namun, itu juga tetap menjadi faktor penentu keberhasilan program pengembangan penanaman padi organik di Kalteng,”jelasnya ketika dimintai keterangan Selasa (14/11/2017).

Baca Juga :  Warga Kumpai Batu Atas Budidayakan Kopi Liberika Khas Pangkalan Bun

Qusdus menambahkan, alat-alat ini dibiayai dari dana APBN oleh sebab itu diharapkan bisa semaksimal mungkin di manfaatkan, dan para poktan juga harus berkorban untuk perawan mesin. 

“Entah sistem sewa kepada setiap anggota poktannya atau dengan sistem iuran wajib untuk biaya perawatan atau bagaimana poktan menyiasati agar mesin ini dapat bermanfaat dengan maksimal,”ujarnya.

Sementara itu pantauan di lapangan. Bantuan yang diserahkan kepada lima Kecamatan tersebut terdiri dari lima buah hand traktor roda dua sebanyak 3 unit, pompa air portable, dan 2 buah UPPO. (dri)

Share :

Baca Juga

Lamandau

Merokok di KTR, 2 Warga Lamandau Kena Denda Rp 100 Ribu 

Lamandau

PPK Perkuat Pemahaman PPS Terkait Layanan Pindah Memilih

Daerah

Dishub Survei dan Inventarisasi Perlengkapan Jalan

Lamandau

Kadinkes Lamandau : Pentingnya Pemberian Obat Cacing untuk Cegah Stunting

Daerah

Kodim Salurkan 5.000 BLT Minyak Goreng di Kelurahan Nanga Bulik

Lamandau

Warga Sungai Mentawa Tenggelam di Sungai Lamandau

Daerah

Lapas Pangkalan Bun Ajak Warga Binaan Berwirausaha

Lamandau

Dukungan Menguat, Rizky – Hamid Peroleh Surat Tugas dari PDIP