Terkendala Cuaca, Program Tanam Jagung di Seruyan Banyak Gagal Panen

KUALA PEMBUANG, Kaltengekspres.com -Program tanam jagung yang di galakan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) masih terkendala di Kabupaten Seruyan. Ini di sebabkan oleh cuaca yang kurang mendukung dan dapat di pridiksi.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP)  Kabupaten Seruyan Sugian Noor mengatakan, akibat kemarau basah, ada yang menanam saat panas dan sempat tumbuh, ada juga yang baru menanam ternyata hujan. Sehingga bibitnya terendam air hujan.

Ia menjelaskan, ada beberapa daerah yang masih belum dapat di tanami dikarenakan lahannya masih tergenang air, dan masih menunggu cuaca membaik. Kendati demikian kata dia, ada beberapa wilayah yang baru-baru ini sempat panen, seperti  Desa Sungai Bakau, Desa Bangkal, Transmigrasi unit satu dan dua.

Ia menambahkan, selain cuaca kendala dalam melaksanakan program tanam jagung ini, ialah permasalahan untuk membuka lahan.

“Karena pembukaan lahan secara bakar juga di larang dan alat berat kita juga terbatas sehingga kita kesulitan untuk membuka lahan,”ungkapnya Selasa (3/10/2017). (vs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here