Home / Seruyan

Senin, 9 Oktober 2017 - 16:43 WIB

50 Hektar Lahan Pisang Kepok Diserang Fusarium

KUALA PEMBUANG, Kaltengekspres.com -Sedikitnya 50 hektar lahan tanaman pisang kepok di Desa Bangun Harja Kecamatan Seruyan Hilir Timur, Kabupaten Seruyan menjadi layu. Disinyalir tamanan ini diserang penyakit fusarium.
Kapala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Seruyan, Sugian Noor  saat di konfirmasi melalui whatsapp mengatakan,  Penyakit Fusarium ini menular melalui tanah dan menyerang akar hingga masuk kedalam bongkol pisang. Didalam bongkol ini jamur merusak pembuluh sehingga menyebabkan tanaman layu dan akhirnya mati.

Baca Juga :  Ikan Pipih Jadi Maskot Pilkada Seruyan 2018
“Penyakit ini bisa menular sangat cepat dan jika penyebaran cendawan ini melalui air sangat sulit untuk diobati. Untuk menanganinya DKPP Kabupaten Seruyan memberikan 1500 gram/hektar obat hayati Trichoderma spp,”ungkapnya Senin (9/10/2017).

Menurutnya, obat hayati Trichoderma spp yang di bagikan oleh DKPP Seruyan, mampu menghambat jamur Fusarium yang menyerang tanaman pohon pisang. Selain itu, Trichoderma spp merupakan agen hayati yang mampu mematikan cendawa lain dengan toksin yang dihasilkannya.

“Kedepannya selain pemberian obat hayati pada tanaman pohon pisang kami juga memberikan penyuluhan tentang mengenali penyakit fusarium, dan cara mengobatinya atau mengatasinya sebagi bentuk pencegahan,”papar Sagian Noor. (vs)

Share :

Baca Juga

Seruyan

Dewan Harapkan Masyarakat Dukung Program Pemkab Seruyan

Seruyan

Bupati Harapkan Pembahasan APBD Perubahan Selesai Tepat Waktu

Seruyan

Jaga Kamtibmas, Polres Seruyan Gandeng Ormas

Seruyan

PJU dalam Kota Mati, Ini Langkah Pemkab Seruyan

Seruyan

Jelang Razia, Satlantas Seruyan Ingatkan Pengendara

Seruyan

Dewan Harapkan Pelaksanaan Program Pembangunan Desa Lebih Maksimal

Seruyan

Jelang Libur Idul Fitri, Pemkab Seruyan Tetap Tutup Objek Wisata

Daerah

Asyik!! Seruyan Bakal Miliki Stadion Baru dan Taman Kota
error: Content is protected !!