Home / Seruyan

Senin, 9 Oktober 2017 - 16:43 WIB

50 Hektar Lahan Pisang Kepok Diserang Fusarium

KUALA PEMBUANG, Kaltengekspres.com -Sedikitnya 50 hektar lahan tanaman pisang kepok di Desa Bangun Harja Kecamatan Seruyan Hilir Timur, Kabupaten Seruyan menjadi layu. Disinyalir tamanan ini diserang penyakit fusarium.
Kapala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Seruyan, Sugian Noor  saat di konfirmasi melalui whatsapp mengatakan,  Penyakit Fusarium ini menular melalui tanah dan menyerang akar hingga masuk kedalam bongkol pisang. Didalam bongkol ini jamur merusak pembuluh sehingga menyebabkan tanaman layu dan akhirnya mati.

“Penyakit ini bisa menular sangat cepat dan jika penyebaran cendawan ini melalui air sangat sulit untuk diobati. Untuk menanganinya DKPP Kabupaten Seruyan memberikan 1500 gram/hektar obat hayati Trichoderma spp,”ungkapnya Senin (9/10/2017).

Menurutnya, obat hayati Trichoderma spp yang di bagikan oleh DKPP Seruyan, mampu menghambat jamur Fusarium yang menyerang tanaman pohon pisang. Selain itu, Trichoderma spp merupakan agen hayati yang mampu mematikan cendawa lain dengan toksin yang dihasilkannya.

“Kedepannya selain pemberian obat hayati pada tanaman pohon pisang kami juga memberikan penyuluhan tentang mengenali penyakit fusarium, dan cara mengobatinya atau mengatasinya sebagi bentuk pencegahan,”papar Sagian Noor. (vs)

Share :

Baca Juga

Seruyan

Kasat Reskrim Seruyan Ingatkan Netizen Bijak Menggunakan Sosmed Selama Pilkada

Seruyan

Baru Bebas, Residivis Curat Seruyan Kembali Diringkus Polisi

Seruyan

DPD Golkar Seruyan Bagikan Sembako Gratis Kepada Warga

Seruyan

Tak Miliki Kelengkapan Surat, Ratusan Pengendara di Seruyan Ditilang

Seruyan

Polres Seruyan Tegaskan Larangan Membakar Lahan

Daerah

Ini Ciri-ciri Mayat yang Ditemukan Mengapung di Sungai Pematang Limau

Seruyan

Bupati Tegaskan PT GBSM Segera Selesaikan Hak Masyarakat

Seruyan

KPU Kalteng Resmikan Rumah Pintar Pemilu