24 Kelompok Tani di Seruyan Terima Bantuan Alsintan

KUALA PEMBUANG, Kaltengekspres.com -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) kepada 24 kelompok tani di Kabupaten Seruyan. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Kabupaten Seruyan  H Sudarsono di Balai Benih Kuala Pembuang, Senin (2/10/2017).

Bantuan alsintan ini berasal dari Dana aspirasi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia(DPR RI) Dapil Kalteng H Hamdhani. 

“Kita berharap bantuan alsintan ini nanti mampu mendorong peningkatan cetak sawah dan produksi pertanian di Seruyan. Sehingga kesejahteraan petani juga semakin baik,” ujar Bupati Seruyan H Sudarsono.

Orang nomor satu di bumi gawi hatantiring ini mewakili masyarakat dan Pemkab Seruyan menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada anggota DPR RI Hamdani, yang selama ini telah dianggap berkontribusi begitu banyak untuk pembangunan pertanian di Kabupaten Seruyan.

Sementara, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Seruyan Sugian Noor menyebutkan, 24 kelompok tani penerima bantuan alsintan berasal dari enam kecamatan yakni Kecamatan Seruyan Tengah, Kecamatan Batu Ampar, Kecamatan Hanau, Kecamatan Danau Seluluk, Kecamatan Seruyan Hilir dan Kecamatan Seruyan Hilir Timur.

Adapun alsintan yang diserahkan terdiri dari dua traktor roda empat, sembilan traktor roda dua, lima pompa air dan delapan alat penanam padi atau rice transplanter.

“Penerima bantuan alsintan hendaknya dapat menjaga dan merawat bantuan pemerintah, terutama yang berupa peralatan agar tahan lama dan dapat digunakan untuk jangka panjang,” katanya.

Ia menambahkan selain dituntut memaksimalkan bantuan pemerintah, untuk mencapai ketahanan pangan berkelanjutan, para petani harus benar-benar menjalankan program pertanian dengan penuh komitmen, terutama untuk pemenuhan target produksi serta luas tanam.

Dalam rangka mewujudkan Seruyan sebagai lumbung produksi pertanian. Karena itu aktivitas pertanian harus mendapat dukungan dari seluruh sektor terkait yang ada di Seruyan.

“Pembangunan pertanian harus terus maksimal, untuk itu ke depan diharapkan ada koordinasi yang baik antarinstansi sehingga ada kesepahaman dan sinergi dalam membangun pertanian di Seruyan,”paparnya. (vs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here