Home / Barito

Sabtu, 9 September 2017 - 09:48 WIB

Genjot Pembangunan Bandara Baru, Pemerintah Suntik Dana Rp 23 Miliar

MUARA TEWEH, Kaltengekspres.com – Pembangunan Bandara Baru H Muhammad Sidik, Kabupaten Barito Utara (Barut) Kalimantan Tengah, terus digenjot oleh Kementrian Perhubungan. Bahkan, di tahun 2017 ini, bandara yang berada di Desa Trinsing, Kecamatan Teweh Selatan tersebut kembali mendapat suntikan dana sebesar Rp 23 Miliar. Ditargetkan pembangunannya di tahun 2018 mendatang sudah mulai beroperasi. 

Ada beberapa fasilitas yang saat ini sedang dikerjakan. Diantaranya, pembangunan pagar, terminal, parkir, grubing Area, dan pemasangan lampu sorot dan lainnya, dengan menyedot anggaran mencapai Rp 19,5 miliar.

Kepala Dinas Perhubungan Barut,  Iwan Fikri mengatakan, pembangunan bandara di Batara yakni Bandara H Muhammad Sidik dan jalannya merupakan prioritas dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Iwan menerangkan, pembangunan Bandara Baru tahun ini mendapatkan suntikan dana sebesar Rp23 miliar. Namun, untuk pembangunan anggaran itu hanya sebesar Rp19,5 miliar. “Sisanya merupakan untuk design, perencanaan dan perawatan serta hal-hal lainnya untuk keperluan bandara dan pekerjaan serta biaya pemeliharaan,” terang Iwan, Kamis (7/9).

Saat ini, kata dia, sedang dibangun terminal bandara, pagar serta lainnya. Sedangkan, untuk perumahan bandara juga telah selesai dibangun. “Termasuk kantor bandara yang kini telah dapat difungsikan,” imbuhnya.

Selanjutnya, sambung iwan, tahun 2018 Kementrian perhubungan mengalokasikan dana sebesar Rp 60 miliar untuk pelapisan landasan. (Ni)

 

 

 

 

Share :

Baca Juga

Barito

Bandar Narkoba Dusun Timur Dibekuk Polisi

Barito

Luar Biasa Antusias Warga Sibung di TMMD Kodim Buntok

Barito

Warga Layung Habang Diminta Terus Dukung Kegiatan TMMD

Barito

Mantap! Polres dan Beberapa SOPD Bartim Sidak Pasar

Barito

Ayah Tiri di Desa Batilap, Tega Aniaya Anak Hingga Tewas

Barito

DPRD Barsel Ungkap Dugaan Pungli Pembuatan Izin Galian C

Barito

Kematian Janda Muda Diduga Karena Bunuh Diri

Barito

Kadis PU Bartim Sampaikan Apresiasinya Ke Bupati Terkait Fisik TMMD