Home / Daerah / Seruyan

Jumat, 15 September 2017 - 13:51 WIB

Gara-gara Ini, Jalan Penghubung Tiga Kecamatan di Seruyan Harus Dipindah

KUALA PEMBUANG, Kaltengekspress.com – Jalan penghubung antara kecamatan, yakni Seruyan Tengah, Seruyan, Tumbang Manjul dan Suling Tambun rencananya akan di pindah ke pesisir Sungai Seruyan. Pasalnya, pemerintah mengalami kesulitan untuk membangun jalan sesuai rencana jalur semula.

Ada sekitar 60 kilometer jalan yang masuk dalam daerah HPH, sehingga Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan menjadi kesulitan untuk membenahi jalan tersebut. Karena untuk melakukan itu harus melalui prosedur pinjam pakai kementerian.

“Sehingga pemkab harus mengambil alternatif terkait permasalahan jalan yang sering dikeluhkan masyarakat ini dengan cara memindah posisi jalan tersebut. Ada alternatif yang sudah saya rencanakan dan direspon oleh HPH dan siap dibantu untuk surveinya, kita mau pindahkan atau geser jalan itu ke pesisir Sungai Seruyan,” kata Bupati Seruyan, H. Sudarsono, Jumat (15/9).

Baca Juga :  Bupati Seruyan Ajak Masyarakat Sukseskan SP 2020

Menurut Sudarsono, apabila jalan itu dipindah maka akan ada beberapa keuntungan, salah satunya akan ada tiga desa yang terakses langsung dengan jalan tersebut, yaitu Desa Pangke, Penyompa dan Mojang Baru.

“Untuk jangka panjang, pariwisata juga kita dapat kita manfaatkan seperti riam yang ada di sepanjang Sungai Seruyan antara Manjul dan Rantau Pulut. Jadi jalan itu nanti hanya 50-100 meter sehingga orang yang melintas dapat melihat langsung ke sungai,” jelas dia.

Baca Juga :  Bupati Seruyan Bersama Istri Ikut Rapid Test, Begini Hasilnya

Orang nomor satu di Bumi Gawi Hatantiring ini menambahkan, apabila jalan penghubung itu dipindahkan maka secara otomatis keluar kawasan HPH dan tidak memerlukan izin pinjam pakai.

“Harusnya Agustus tadi kita sudah melakukan survei lapangan, sekaligus membuat rintisan jalan badan jalan. Tapi karena kendala cuaca yang tidak dapat ditebak, sehingga membuat tim survei sulit turun, semoga nanti bisa secepatnya di ukur,” kata Sudarsono. (vs)

Share :

Baca Juga

Seruyan

Desa Sungai Undang Bakal Bangun Dermaga Tambat Kapal Nelayan

Seruyan

Kebakaran Empat Rumah di Sembuluh Renggut Korban Jiwa

Kobar

Terjadi Lonjakan 21 Orang Pasien Positif Baru di Kobar

Kotim

Dua Mobil Terlibat Tabrakan, Sejumlah Penumpang Terluka

Kotim

Tragis, Sopir Ambulans Perusahaan Tewas Ditusuk

Katingan

Kapolres Imbau Masyarakat Sambut Pergantian Tahun dengan Doa Bersama

Katingan

Bupati Sakariyas Minta ASN Tak Ikut Dilantik Bersabar

Kobar

Peduli Masyarakat Kurang Mampu, PT BGA Bedah Rumah Warga Kolam