Home / Pemprov Kalteng

Minggu, 11 Februari 2024 - 07:04 WIB

Sekda Kalteng Hadiri Isra Mikraj dan Haul Guru Sekumpul

Sekda Kalteng Nuryakin saat menghadiri ira mikraj dan Haul Guru Sekumpul ke 19, di Masjid Agung Kubah kecubung Darurrahman, Palangka Raya, Jumat (9/2/2024) malam.

Sekda Kalteng Nuryakin saat menghadiri ira mikraj dan Haul Guru Sekumpul ke 19, di Masjid Agung Kubah kecubung Darurrahman, Palangka Raya, Jumat (9/2/2024) malam.

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng Nuryakin menghadiri Aruh Ganal Haul ke-19 Abah Guru Sekumpul dan peringati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1445 H sekaligus Doa Bersama untuk Keselamatan Bangsa.

Kegiatan ini juga dihadiri Tuan Guru H. Sadudin Salman yang merupakan Imam Musala Ar Raudah, Sekumpul-Martapura, di Masjid Agung Kubah  Kecubung Darurrahman, Palangka Raya, Jumat (9/2/2024) malam.

Tuan Guru Sadudin Salman dalam tausiyahnya mengajak untuk mempertebal keyakinan kepada Allah SWT, agar meyakini kebenaran atas risalah kenabian Nabi Muhammad SAW, serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Pencipta Alam Semesta.

Baca Juga :  Bahasa Daerah Perlu Dipelihara

Pada momentum ini, sebagai peringatan atas wafatnya Abah Guru Sekumpul ke 19. Tuan Guru H. Sadudin Salman juga mengajak bersama -sama mendoakan, mengingat, mempelajari, dan meneladani perilaku baik beliau yang mempunyai peran besar, khususnya dalam penyebaran risalah Islamiyah.

Disampaikan Guru H. Sadudin Salman bahwa bulan Rajab adalah salah satu waktu yang baik untuk bertobat dan memohon ampunan kepada Allah SWT.

“Rasulullah SAW telah banyak mendorong umat muslim untuk bersikap pemaaf pada orang lain melalui contoh perbuatannya semasa hidup,”ujarnya.

Guru Sadudin menyampaikan hadis-hadis yang mencakup pentingnya meminta maaf mengajarkan kita nilai-nilai kemurahan hati, kesadaran akan kesalahan, serta upaya untuk memperbaiki diri. Hadis tentang meminta maaf yang diriwayatkan dalam HR. Bukhari dan Ad Dailami menyatakan,

Baca Juga :  Hadiri Peringatan Isra Mikraj di Jakarta, Ini Pesan Sekda Kalteng

“Iman yang paling utama adalah sabar dan pemaaf atau lapang dada. Pemaafan adalah salah satu bentuk nyata dari iman yang mendalam,”paparnya. 

Sementara itu, Sekda Kalteng Nuryakin berharap melalui peringatan Isra Miraj tahun ini dapat mempertebal keyakinan kepada Allah SWT, meyakini kebenaran atas risalah kenabian Nabi Muhammad SAW, serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Pencipta Alam Semesta. (asro)

Share :

Baca Juga

Pemprov Kalteng

Pemprov Dukung Daerah Zona Merah Terapkan Karantina Wilayah

Pemprov Kalteng

Masyarakat Diminta Tidak Khawatir Terkait Ketersediaan Beras

Health

Tim Satgas Berikan Tips Liburan Aman Dari Penularan Covid-19

Pemprov Kalteng

Bertambah 6 Orang, Pasien Positif Covid-19 Kalteng Tembus 41 Orang

Pemprov Kalteng

Sekda Buka Resmi Kalteng Trade Expo

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Lakukan Pembasahan Lahan Cegah Karhutla

Kobar

Gubernur Minta Aparat Pos AL Kumai Perketat Pengawasan Perairan

Pemprov Kalteng

Gubernur Kukuhkan Kepala BPKP Perwakilan Kalteng