Home / Pemprov Kalteng

Sabtu, 11 Februari 2023 - 15:05 WIB

Bahasa Daerah Perlu Dipelihara

Sekda Kalteng Nuryakin saat membuka seminar, di Hotel Putra Kahayan Palangka Raya, Sabtu (11/2/2023). (Foto : asro)

Sekda Kalteng Nuryakin saat membuka seminar, di Hotel Putra Kahayan Palangka Raya, Sabtu (11/2/2023). (Foto : asro)

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng H. Nuryakin membuka secara resmi Seminar Forum Pemuda Kerukunan Keluarga Bakumpai (KKB) Kalteng, di Hotel Putra Kahayan Palangka Raya, Sabtu (11/2/2023).

Dalam sambutannya, Nuryakin mengapresiasi setinggi-tingginya kepada jajaran Forum Pemuda KKB Kalteng atas terlaksanya kegiatan seminar ini. Ia berharap seminar ini dapat meningkatkan kecintaan terhadap bahasa dan budaya Kalteng, khususnya Bakumpai.

“Pada Era Globalisasi seperti saat ini, kita sebagai penerus bangsa memiliki sebuah kewajiban untuk menjaga dan melestarikan bahasa dan budaya yang kita miliki. Kalimantan Tengah sendiri memiliki beragam bahasa dan budaya termasuk di dalamnya Bakumpai yang ikut memperkaya khasanah budaya Indonesia,”ujar Nuryakin.

“Kekayaan budaya yang luar biasa dan tidak ternilai itu akan sirna ditelan waktu jika tidak dikelola dan dipelihara dengan baik. Menjadi pengingat bagi kita semua bahwa tanggung jawab pelindungan, pelestarian, serta pengembangan bahasa dan budaya daerah merupakan tanggung jawab kita semua. Kita sendiri yang bertanggung jawab atas semua kekayaan itu,”ujarnya lagi.

Baca Juga :  Dinkes Kalteng Pastikan Surat Tugas Tim Kesehatan Lingkungan Hoaks

Melalui kegiatan ini lanjut dia, diharapkan generasi muda bisa lebih mengenali dan memahami bahasa dan budayanya, sehingga tidak hilang begitu saja, tetapi terlindungi, terkonservasi, terlestarikan, agar lebih kuat dan bermanfaat guna mewujudkan pembangunan daerah yang sama-sama di banggakan ini melalui aspek kebudayaan tradisional.

Baca Juga :  Gubernur Berikan Bantuan Korban Banjir Katingan

“Dengan terlaksananya kegiatan ini juga, semoga tali silaturahmi antar pengurus bisa terus terjalin, sehingga program kerja yang dilaksanakan kedepan bisa berjalan dengan sukses. Tentunya program-program yang sejalan dan bertujuan mendukung Pemprov Kalteng,”tandasnya. (asro)

Share :

Baca Juga

Pemprov Kalteng

Ketua TP-PKK Kalteng Salurkan Bantuan Bagi Korban Kebakaran

Pemprov Kalteng

Gubernur Kalteng Tinjau Lokasi Pembangunan Tambak Udang

Pemprov Kalteng

Baleg DPR RI Diminta Akomodir Saran dari Daerah

Pemprov Kalteng

Sekda Optimis Capaian Kerja Kalteng Lebih Baik

Pemprov Kalteng

Edy Pratowo Dukung Berdirinya ITS NU Kalimantan

Pemprov Kalteng

Sedikitnya 5 Puskesmas di Kalteng Terendam Banjir

Pemprov Kalteng

Tinjau Pasar Penyeimbang, Gubernur Bantu Modal Usaha

Pemprov Kalteng

Gubernur Kalteng Buka Puasa Bersama Puluhan Anak Yatim