Home / Pemprov Kalteng

Sabtu, 11 Februari 2023 - 15:05 WIB

Bahasa Daerah Perlu Dipelihara

Sekda Kalteng Nuryakin saat membuka seminar, di Hotel Putra Kahayan Palangka Raya, Sabtu (11/2/2023). (Foto : asro)

Sekda Kalteng Nuryakin saat membuka seminar, di Hotel Putra Kahayan Palangka Raya, Sabtu (11/2/2023). (Foto : asro)

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng H. Nuryakin membuka secara resmi Seminar Forum Pemuda Kerukunan Keluarga Bakumpai (KKB) Kalteng, di Hotel Putra Kahayan Palangka Raya, Sabtu (11/2/2023).

Dalam sambutannya, Nuryakin mengapresiasi setinggi-tingginya kepada jajaran Forum Pemuda KKB Kalteng atas terlaksanya kegiatan seminar ini. Ia berharap seminar ini dapat meningkatkan kecintaan terhadap bahasa dan budaya Kalteng, khususnya Bakumpai.

“Pada Era Globalisasi seperti saat ini, kita sebagai penerus bangsa memiliki sebuah kewajiban untuk menjaga dan melestarikan bahasa dan budaya yang kita miliki. Kalimantan Tengah sendiri memiliki beragam bahasa dan budaya termasuk di dalamnya Bakumpai yang ikut memperkaya khasanah budaya Indonesia,”ujar Nuryakin.

“Kekayaan budaya yang luar biasa dan tidak ternilai itu akan sirna ditelan waktu jika tidak dikelola dan dipelihara dengan baik. Menjadi pengingat bagi kita semua bahwa tanggung jawab pelindungan, pelestarian, serta pengembangan bahasa dan budaya daerah merupakan tanggung jawab kita semua. Kita sendiri yang bertanggung jawab atas semua kekayaan itu,”ujarnya lagi.

Baca Juga :  KIM DDJ Wakili Kalteng Diajang Festival KIM Nasional

Melalui kegiatan ini lanjut dia, diharapkan generasi muda bisa lebih mengenali dan memahami bahasa dan budayanya, sehingga tidak hilang begitu saja, tetapi terlindungi, terkonservasi, terlestarikan, agar lebih kuat dan bermanfaat guna mewujudkan pembangunan daerah yang sama-sama di banggakan ini melalui aspek kebudayaan tradisional.

Baca Juga :  Gubernur Usul Izin Perkebunan HTI dan HPH Dievaluasi

“Dengan terlaksananya kegiatan ini juga, semoga tali silaturahmi antar pengurus bisa terus terjalin, sehingga program kerja yang dilaksanakan kedepan bisa berjalan dengan sukses. Tentunya program-program yang sejalan dan bertujuan mendukung Pemprov Kalteng,”tandasnya. (asro)

Share :

Baca Juga

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Dukung Peningkatkan Kualitas SDM Wartawan

Pemprov Kalteng

Wakil Gubernur Kalteng Sampaikan LKPj 2023

Pemprov Kalteng

Gelar Karya Kalteng Resmi Dibuka

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Salurkan 20.000 Paket Sembako Bagi Korban Banjir

Pemprov Kalteng

Pemprov Dukung Koperasi Menuju Tranformasi Digital

Gunung Mas

Gubernur Harapkan Seminar Napak Tilas Hasilkan Keputusan

Pemprov Kalteng

Tiga Jemaah Haji Meninggal, Beberapa Orang lainnya Tersesat dan Kecopetan

Pemprov Kalteng

Gubernur Kalteng Siap Kucurkan Rp50 M untuk Tangani Corona