Home / Barito

Jumat, 23 Februari 2024 - 08:12 WIB

Pemkab Barsel Gratiskan Pelayanan Kesehatan Untuk Warga

Teks: Deddy Winarwan, saat acara  rapat Koordinasi Forum Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Jumat  (23/2/2024).

Buntok,KaltengEkspres.com – Kabar gembira bagi masyarakat di Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Cukup membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) asal daerah itu, sudah dipastikan diberikan pelayanan kesehatan secara gratis. Demikian dikatakan Penjabat Bupati Barsel, Deddy Winarwan, saat acara  rapat Koordinasi Forum Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Jumat  (23/2/2024).

 

Ia membebaskan, pemerintah daerah akan memberikan pelayanan gratis kepada masyarakat yang ingin berobat di Puskesmas Pembantu, Puskesmas dan RSUD Jaraga Sasameh Buntok.

“Kita pastikan bagi warga Barsel yang ingin berobat tidak harus membawa kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), tetapi cukup dengan membawa KTP Barsel,” jelasnya.

Baca Juga :  Kapolres Baru Barsel Disambut Upacara Adat

Dijelaskan Deddy Winarwan, untuk tahun 2024 ini, Barsel sudah mencapai Universal Health Coverage (UHC) dan pihaknya sudah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepakatan dengan BPJS Kesehatan.

“Pemkab Barsel juga telah menggelontorkan dana melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Barsel sebesar Rp38 miliar,” katanya.

Masih dikatakan Dedy, dirinya meminta, kepada camat di enam kecamatan di daerah ini untuk berkoordinasi dengan lurah dan kepala desa, supaya menyampaikan informasi mengenai pelayanan kesehatan gratis tersebut, kepada masyarakat di wilayahnya masingmasing.

Baca Juga :  Mantap! 47 Mahasiswa STIE-DD Buntok KKN

“Saya tidak mau mendengar ada masyarakat yang tidak memiliki kartu BPJS tidak mendapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan milik pemerintah di daerah  ini,” tegas Deddy Winarwan.

Dikatakan Deddy Pula, bila KTP dari warga yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan tersebut hilang, agar bisa diberitahukan dengan lurah, kepala desa dan camat, sehingga dalam waktu segera KTP bisa diterbitkan Disdukcapil Barsel.

“Jadi, sekali lagi saya meminta camat, lurah dan kepala desa untuk segera mensosialisasikan kepada masyarakat terkait pelayanan kesehatan gratis di fasilitas kesehatan milik pemerintah di daerah ini,” tutupnya. (rif).

Share :

Baca Juga

Barito

Pemkab Bartim Dukung Percepatan Penyelesaian Gedung Mako Brimob

Barito

Satgas TMMD Kodim Buntok Anjangsana Ke Rumah Warga

Barito

Polres Barsel Laksanakan Operasi Ketupat Telabang 2020

Barito

86 Desa di Barsel Akan Ikuti Rakor DD dan ADD

Barito

Pelaku Illegal Fishing Diciduk Polres Barsel

Barito

Sibuk Kerja, Satgas TMMD TNI – Polri Bantu Warga Pasang Listrik

Barito

Kasus OTT Disdik Barsel Diprapradilkan

Barito

Puteri Kalteng Asal Barsel Runer Up Putri Indonesia se-Kalimantan