Home / Barito

Rabu, 14 Juli 2021 - 16:09 WIB

Mantap! 47 Mahasiswa STIE-DD Buntok KKN

Buntok,KaltengEkspes.com – Sebanyak 47 orang mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dahani Dahanai (STIE-DD) Buntok Kabupaten Barito Selatan (Barsel) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) selama 1 bulan mulai dari 12 Juli – 12 Agustus 2021.

“Kegiatan KKN ini mahasiswa dibagi menjadi empat kelompok dengan 4 program yang akan dilaksanakan yakni, bidang pemerintahan, ekonomi dan kewirausahaan, pendidikan, serta sosial budaya masyarakat,” kata Ketua STIE-DD H Lisawanto SE MAP kepada awak media, Rabu (14/7/2021).

Ia menjelaskan, Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa merupakan implementasi proses pembelajaran di kampus dan dilanjutkan dengan praktek di lapangan, mahasiswa melaksanakan kegiatan siklus manajemen, misalnya mulai dari perencanaan kegiatan (pembagian tugas kelompok, menentukan waktu atau jadwal kegiatan, membagi waktu pelaksanaan, mengukur tingkat efesiensi waktu yang tersedia), melaksanakan praktek Pendidikan untuk Sekolah di Desa.

Baca Juga :  Duh..Empat ABG Terjaring di Lokalisasi Merong

“Selain itu kelompok KKN mahasiswa membagi anggota kelompok dengan tugas yang berbeda, ada yang menjadi Guru di tempat Siswa, ada yang melakukan penilaian terhadap Responsivitas siswa terhadap materi yang disampaikan, ada yang, ada yang mengukur tingkat daya serap, pemahaman siswa terhadap materi dan membuat laporan pelaksanaan yang berisikan output dan out come kegiatan,” jelasnya.

Masih dikatakan Lisawanto, program yang berhubungan kesehatan ibu dan Anak (stunting) pertama mahasiswa membuat perencanaan kegiatan di wilayah lokasi terdapatnya bayi yang mengalami kekurangan hizi.

“Setelah didapat data valid dari Puskesmas wilayah KKN, maka akan dilakukan edukasi untuk meningkatan gizi ibu dan Anak pada masa pertumbuhan, dan pada ahir masa praktek dilakukan kembali pertemuan dengan ibu dan Anak, guna evaluasi dan monitoring kembali terhadap edukasi dan bimbingan yang dilakukan, untuk mengukur dampak bimbingan selama KKN.

Baca Juga :  Satgas Selalu Membersihkan Lingkungan Tempat Tinggal

Adapun untuk hasil evaluasi tambahnya, akan dilaporkan dalam bentuk laporan KKN, demikian juga terhadap beberapa program kegiatan yang lain, seperti program kegiatan pembinaan untuk Kewirausahaan, kepada Ibu rumah tangga atau usaha kecil mikro (UKM).

“Kita berharap program ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat didaerah lokasi KKN dan sekolah tinggi STIE-DD dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia di wilayah Barito selatan” tutupnya. (rif).

Share :

Baca Juga

Barito

Awas..14 Hari, Satlantas Polres Barsel Bidik Pelanggar Lalin

Barito

Tabrak Kayu, Kapal Dagang Tenggelam di Buntok

Barito

Satgas TMMD TNI – Polri Tempel Stiker Rumah Warga Penerima Bansos

Barito

Mantap! Polres dan Beberapa SOPD Bartim Sidak Pasar

Barito

Pembunuh Nenek Kamriah Diringkus Polisi, Satu Didor

Barito

Cek Pasukan, Serda Jupin Pimpin Apel Malam SSK

Barito

Tersinggung, Oknum Kades Ini Gampar Kades

Barito

Diguyur Hujan, Tak Jadi Halangan Satgas TMMD dan Warga Bekerja