Home / Nasional / Politik

Rabu, 17 Januari 2024 - 20:55 WIB

KPU-AMSI Teken Nota Kesepahaman

Pertemuan komisioner KPU dan Pengurus AMSI Pusat di Jakarta

Pertemuan komisioner KPU dan Pengurus AMSI Pusat di Jakarta

Jakarta, kaltengekspres.com – Setelah melalui beberapa tahapan audiensi, Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) dan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) sepakat menandatangani nota kesepahaman tentang pelaksanaan Cek Fakta dalam penyelenggaraan pemilihan presiden dan wakil presiden, pemilihan anggota DPR, pemilihan anggota DPD, pemilihan anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota, pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, dan/atau wali kota dan wakil wali kota.

Nota kesepahaman (MoU) Nomor: 03/Mou/AMSI/1/2024 dan nomor 2/PR.07-NK/01/2024, ditandatangani oleh Ketua Umum Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Wahyu Dhyatmika dan Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), Hasyim Asy’ari.

Baca Juga :  Kuat Ma'ruf dan Ricky Divonis Tinggi dari Tuntutan Jaksa

Tujuan dari kerja sama antara AMSI dan KPU RI salah satunya adalah untuk memberikan informasi yang benar agar Masyarakat terhindar dari berita bohong (hoaks) dalam pemilu.

Selain itu, masyarakat juga dapat memperoleh informasi terkait tahapan, program, dan jadwal pemilu yang terpercaya yang akan tersedia di masing-masing etalase informasi kedua Lembaga.

Untuk terselenggaranya pelaksanaan Cek Fakta, kedua belah pihak juga sepakat dalam penyediaan dokumen penunjang yang diperlukan, dan melakukan peningkatan kapasitas masing-masing pihak serta tersedianya dokumentasi, pendataan, dan penyusunan bahan rujukan Cek Fakta juga sosialisasi dan peningkatan Pendidikan pemilih dalam penyelenggaraan pemilu.

Baca Juga :  Polsek Ciracas Diserang OTK, Dua Polisi Terluka

AMSI dan KPU RI juga telah menunjuk perwakilan dari masing-masing Lembaga yang akan menjadi penghubung untuk kelancaran kerja sama yakni, Felix Lamuri yang sekarang menjabat sebagai Direktur Eksekutif AMSI dan dari KPU diwakili oleh Bernad Dermawan Sutrisno, Sekjen KPU RI.

Nota Kesepahaman antara AMSI dan KPU RI berlaku selama 3 (tiga) tahun terhitung sejak Nota Kesepahaman ditandatangani dan dapat diperpanjang atau diubah berdasarkan kesepakatan bersama. (red)

Share :

Baca Juga

Nasional

Tercatat 933 Laka Terjadi Selama 4 Hari Operasi Ketupat

Nasional

Polri Siagakan Anggota untuk Amankan Kantor KPK

Nasional

Sriwijaya Air Rute Jakarta-Pontianak Hilang Kontak

Nasional

Enam Pelaku Pembobol ATM Diringkus Polisi

Nasional

Evakuasi Korban Gempa, Polri Kerahkan 350 Personel

Nasional

Gempa Berkekuatan 6,2 Magnitude Guncang Majene

Nasional

Bareskrim Polri Sebut Gedung Kejaksaan Agung Sengaja Dibakar

Nasional

Polres Bogor Bongkar Jaringan Sabu dari Aceh