Home / DPRD Kota

Kamis, 3 Agustus 2023 - 08:05 WIB

Nelayan Keluhkan Aktivitas Tongkang Batu Bara

Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Reja Framika.

Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Reja Framika.

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Aktivitas tongkang batu bara yang melintasi perairan Kelurahan Tanjung Pinang, Bereng Bengkel dan Kameloh Baru mulai dikeluhkan oleh nelayan setempat. Bahkan keluhan tersebut sudah disampaikan ke DPRD Kota Palangka Raya.

Sekretaris Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Reja Framika membenarkan jika pihaknya telah menerima keluhan dari nelayan. Dimana ada sejumlah kekhawatiran yang disampaikan nelayan terkait aktivitas tongkang batu bara yang melewati wilayah tangkapan ikan.

“Sesuai tupoksi maka aduan ini akan kami sampaikan kepada pemerintah kota,” ucap Reja, Kamis (03/08/2023).

Baca Juga :  Setwan Kota Palangka Raya Musnahkan Aset Rusak

Reja mengungkapkan, warga atau nelayan merasa resah. Pasalnya mereka khawatir kapal tongkang yang melintas merusak jaring ikan milik mereka. Bahkan mereka berharap adanya payung hukum berupa perda terkait angkutan sungai bermuatan berat.

“Warga juga menghendaki adanya koperasi yang dananya berasal dari CSR pihak perusahaa batu bara. Tujuan membangun ekonomi dan infrastruktur seperti jalan dan taman bermain anak,” terangnya.

Masyarakat juga memohon agar tongkang batu bara atau angkutan lainnya memiliki jam operasional. Selain itu bertanggungjawab secara penuh jika tongkang ataupun tugboat merusak jaring nelayan atau terjadi kecelakaan lainnya.

Baca Juga :  Ketua DPRD Kota Apresiasi PPKM Turun Level 2

“Intinya, agar kegiatan tongkang batu bara yang melintasi area sungai dapat memberikan stimulan dan juga benefit terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD),”tukasnya.

Tak kalah penting, tambah Reja, ada solusi pula bagaimana kontribusi kepada masyarakat, terutama warga yang berada di wilayah aliran sungai di tiga kelurahan tersebut. (ran)

Share :

Baca Juga

DPRD Kota

Dewan Kota Minta ASN Tidak Mudik

DPRD Kota

Cegah Corona, Dewan Ajak Masyarakat Budayakan Pola Hidup Sehat

DPRD Kota

Rumuskan Program Prioritas dalam Musrenbang

DPRD Kota

Warga Diminta Turut Cegah Karhutla

DPRD Kota

Ini Pesan Ketua Dewan Kepada Calon Walikota Palangka Raya

DPRD Kota

Isi Kemerdekaan dengan Fokus Membangun SDM unggul

DPRD Kota

Perketat Pengawasan Kesehatan Hewan Kurban

DPRD Kota

DPRD Kota Tetapkan Dua Tenaga Ahli Fraksi