Home / DPRD Kobar

Senin, 24 Juli 2023 - 11:09 WIB

PBS Perlu Akomodir Tuntutan Plasma Masyarakat

Anggota DPRD Kobar Tuslam Amirudin.

Anggota DPRD Kobar Tuslam Amirudin.

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Anggota DPRD Kobar Tuslam Amirudin menyoroti adanya tuntutan plasma dari masyarakat yang tergabung dalam Gerakan Bersama Masyarakat (Gema) Aruta kepada PT BJAP 2.

Tuslam mengatakan, jika perusahan berkewajiban membangun plasma. Sehingga apa yang menjadi tuntutan dan hak masyarakat, agar dapat dipenuhi oleh perusahaan.

Tentu, hal tersebut berdasarkan ketentuan UU No 39 th 2014  tentang  perkebunan terutama pasal 58 ayat 1,maupun Permentan sebelumnya no 26 tahun 2007, dimana Perusahaan memiliki kewajiban menyediakan mininal 20 persen dari luas izin yang dimiliki kebun plasma bagi masyarakat sekitar.

“Sesungguhnya kami sudah sejak lama mengingatkan Pemerintah daerah Kobar, untuk mengevaluasi dan mengawasi perusahaan dalam melaksanakan kewajiban tersebut,”ujar Tuslam, Senin (24/7).

Bahkan lanjutnya, dirinya pernah melakukan  konsultasi ke  kementerian. Yakni, pemerintah daerah atau kepala daerah, bisa memberikan merekomendasi ke pemerintah pusat jika ada perusahaan yang tidak melaksanakan kewajiban itu.

“Membangun plasma itu kewajiban bagi perusahaan, kepala daerah bisa memberikan rekomendasi kepada kementerian perihal perusahaan yang tidak melaksanakan kewajiban itu, jika tidak di tindak lanjuti maka di rekomendasikan untuk pencabutan izin usaha, belum lagi persoalan lahan kebun yang disinyalir melebihi izin HGU yang dimiliki,” imbuhnya.

Ia mendesak Pemkab Kobar segera mengambil langkah, termasuk masalah lahan yang diluar izin HGU harus segera dikembalikan penggunaan dengan mengacu pada ketentuan yang berlaku. (yus)

Share :

Baca Juga

DPRD Kobar

Kalteng Positif Virus Corona, Ini Tanggapan DPRD Kobar

DPRD Kobar

DPRD Kobar Dukung Pembangunan Lanal

DPRD Kobar

Wisata Religi ‘Puju Fatehah’ Perlu Perhatian Pemerintah

DPRD Kobar

Dewan Monitoring Pekerjaan Proyek Jembatan yang Didanai BNPB

DPRD Kobar

DPRD Kobar Sepakati Ranperda SPBE

DPRD Kobar

Dewan Dorong Jabatan Sekda Kobar Didefinitifkan

DPRD Kobar

Komisi A Monitoring 6 Kecamatan, Ini Hasilnya

DPRD Kobar

Tekan Kenaikan Harga Beras Melalui Operasi Pasar