Dewan Dorong Dinas Terkait Koordinasi Jam Masuk Sekolah

Ketua Sementara DPRD Kobar Rusdi Ghozali saat memberikan keterangan kepada awak media, Senin (16/9/2019).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Ketua Sementara DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Rusdi Ghozali menanggapi surat edaran Gubernur Kalteng Sugianto Sabran terkait penetapan jam masuk sekolah di daerah yang terdampak kabut asap. Menyikapi hal ini, dirinya mendorong  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kobar agar menetapkan jam masuk sekolah sesuai dengan kondisi kabut asap yang terjadi di wilayah Kabupaten Kobar.

“Maksud kita kalau memang terkait dengan surat edaran gubernur mestinya kepala dinas terkait, yakni Dikbud dan DLH Kobar melakukan koordinasi, terkait dengan kondisi lingkungan yang seperti sekarang ini. Apakah perlu memberikan libur kepada anak sekolah itu kita serahkan kepada kedua instansi tersebut terkait atau melalui surat keputusan Bupati untuk meliburkan anak-anak sekolah, prinsip memang kami secara kelembagaan berharap bahwa ada sisi kesehatan yang kita utamakan,”ungkap Rusdi Ghozali kepada awak media Senin (16/9/2019).

Ia menjelaskan, dengan kondisi saat ini dirinya menyarankan agar diberlakukan jam masuk sekolah dimundurkan ke siang. Terutama saat kabut asap mulai berkurang,  karena kondisi kabut asap ini cukup membahayakan  kesehatan anak didik.

“ Kalau diliburkan itu tentu sudah fatal, karena kondisi tidak memungkinkan buat kesehatan siswa, namun hal ini perlu di koordinasikan dengan DLH maupun Dinas Kesehatan, apa yang perlu di perhatikan,” tandasnya. (yus)