Home / Lintas Kalimantan / Metro Palangka Raya

Rabu, 21 Juni 2023 - 15:07 WIB

Industri di Kalimantan Beralih ke Listrik PLN, karena Lebih Efesien

General Manager PLN UID Kalselteng, Muhammad Joharifin (kiri), bersama Direktur PT PPI, Ikhsan (kanan) secara simbolis melakukan pengaktifan pelanggan di site Satui. (Foto : PLN)

General Manager PLN UID Kalselteng, Muhammad Joharifin (kiri), bersama Direktur PT PPI, Ikhsan (kanan) secara simbolis melakukan pengaktifan pelanggan di site Satui. (Foto : PLN)

BANJARBARU, KaltengEkspres.com – Lebih andal dan efisien, PT Panca Perkasa Indoprima Sebamban Terminal Utama (PT PPI) beralih menggunakan listrik PLN secara penuh dengan kapasitas 1.975 kVA melalui program Captive Power Acquisition.

Dalam sambutannya pada kegiatan pengaktifan pelanggan di site PT PPI, Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Selasa (20/6) sore. Direktur PT PPI, Ikhsan, mengapresiasi langkah PLN yang telah mengabulkan permohonannya untuk menjadi pelanggan PLN secara penuh.

“Tentunya kami berterima kasih kepada PLN Kalselteng, karena saat ini kami resmi menjadi pelanggan. Walaupun PLN harus membangun jaringan baru ke site kami, ini luar biasa”, ujar Ikhsan.

Ikhsan menuturkan bahwa dengan beralih ke listrik PLN, PT PPI bisa menekan biaya operasi untuk pembangkit secara mandiri.

“Menurut perhitungan, kami bisa menghemat sekitar Rp.700 juta per bulan hanya untuk penyediaan listrik, tidak termasuk biaya pemerliharaan dan pembelian spare part jika terjadi gangguan”, jelas Ikshan.

Site PT Panca Perkasa Indoprima, Kabupaten Tanah Bumbu, 100% beralih menggunakan menggunakan listrik PLN. (Foto : PLN)

Dirinya berharap kerjasama dengan PLN ini bisa berjalan terus menerus dan lancar, dan bisa memasok kebutuhan listrik PT PPI dimanapun berada.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, Muhammad Joharifin mengatakan, bahwa kerja sama PLN dan PT PPI melalui program Incentive Captive Acquisition adalah kerjasama lanjutan karena sebelumnya sudah dilakukan pada Januari 2022 lalu di Bunati, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Baca Juga :  Curi Uang di Toko Sembako, Buruh Bangunan Ditangkap Polisi

“Kami sangat senang PT PPI telah menjadi keluarga besar PLN, menjadi pelanggan PLN yang telah mempercayakan kebutuhan energi listriknya kepada PLN secara penuh,” kata Joharifin.

Melalui layanan Captive Power Acquisition, pelanggan yang bersedia mengalihkan penggunaan listrik mandiri dari pembangkitnya ke listrik PLN akan mendapatkan insentif tarif listrik sekaligus keandalan pasokan listrik secara penuh dari PLN.

“Kami pastikan kepada para investor Industri di Kalselteng tidak perlu ragu, kami siap memenuhi berapa pun kebutuhan suplai tenaga listrik untuk menjalankan operasional Industri,” tambah Joharifin.

Baca Juga :  Bikin Keributan, Napi Asimilasi Dikembalikan ke Rutan

Surplus daya mampu sistem interkoneksi PLN antara Kaltim – Kalsel – Kalteng saat ini mencapai 429 MW, sehingga ini sangat siap untuk menyambut pertumbuhan industri di Kalimantan.

“PLN siap mendukung pertumbuhan industri yang semakin berkembang, hal ini sejalan dengan misi PLN yakni untuk mengupayakan agar tenaga listrik menjadi pendorong kegiatan ekonomi dan menjadikan tenaga listrik sebagai media untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat,” tutur Joharifin

Dengan potensi besar pada sektor industri dan pertambangan di Kalimantan Selatan, PLN akan terus berupaya meningkatkan keandalan suplai listrik di sisi jaringan distribusi pelanggan.

“Kami akan berupaya maksimal untuk memberikan pelayanan suplai tenaga listrik terbaik untuk mendukung operasional perusahaan, sehingga Anda Fokus Bisnisnya, Kami Urus Listriknya”, tandas Joharifin.

Kalimantan Selatan sebagai wilayah penyangga ibu kota negara diprediksi akan semakin tumbuh banyak industri dan jadi sentra ekonomi baru. Dengan ketersediaan daya listrik yang prima, PLN pastikan kebutuhan daya di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah dapat terlayani dengan baik. (adv)

Share :

Baca Juga

Metro Palangka Raya

Terciduk Polisi, Dua Mahasiswi Gagal Pesta Zenith

DPRD Kota

Dewan Kota Gandeng UPR untuk Kaji 3 Raperda

Metro Palangka Raya

Personel Gabungan Tim ERP dan Damkar Evakuasi Pohon Tumbang

Metro Palangka Raya

Pencapaian Target PTSL di Kalteng Tidak Clear and Clean

Lintas Kalimantan

Rindu Gubernur Baru, Relawan Haji Denny Tapin Gelar Konsolidasi

Health & Fitness

Bhabinkamtibmas Sosialisasikan 3M di Pasar Besar Palangka Raya

DPRD Kota

Dewan Sampaikan Sejumlah Rekomendasi

DPRD Kota

Banyak Peluang Usaha Bagi Generasi Milennial