Home / Pemprov Kalteng

Rabu, 10 Mei 2023 - 13:24 WIB

Pemprov Kalteng Apresiasi Dua Raperda Tuntas Dibahas

Wagub Kalteng Edy Pratowo saat menyampaikan sambutan Gubernur Kalteng ketika menghadiri rapat paripurna di DPRD Kalteng, Rabu (10/5). (Foto : MMC Kalteng).

Wagub Kalteng Edy Pratowo saat menyampaikan sambutan Gubernur Kalteng ketika menghadiri rapat paripurna di DPRD Kalteng, Rabu (10/5). (Foto : MMC Kalteng).

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Wakil Guberur Kalteng Edy Pratowo menghadiri rapat paripurna ke 9 penutupan masa persidangan I tahun sidang 2023, sekaligus pembukaan rapat masa persidangan II tahun sidang 2023 di ruang rapat paripurna DPRD Kalteng, Rabu (10/5/2023). Rapat ini dipimpin oleh Wakil Ketua I DPRD Kalteng Abdul Razak.

Saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, Edy Pratowo mengatakan,  atas nama Pemprov Kalteng pihaknya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas kerja sama Pimpinan dan Anggota DPRD Kalteng serta semua pihak, sehingga sejumlah raperda yang dibahas sebelumnya bisa ditetapkan menjadi Peraturan Daerah.

Dalam Masa Persidangan I Tahun Sidang 2023 sebelumnya, sejumlah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) telah dibahas, di antaranya tentang Raperda Pencabutan Peraturan Daerah Prov. Kalteng Nomor 4 Tahun 2013 tentang Tata Cara Tuntutan Ganti Kerugian Daerah, Raperda tentang Cagar Budaya, Raperda tentang Rencana Tata Ruang Prov. Kalteng Tahun 2023 – 2043, Raperda tentang Organisasi Perangkat Daerah Prov. Kalteng.

Baca Juga :  TP PKK Kalteng Sosialisasi Bahaya Penyakit DBD

Kemudian, Raperda tentang Fasilitasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika, Raperda tentang Pendidikan Pancasila Dan Wawasan Kebangsaan dan Raperda tentang Pengelolaan Daerah Aliran Sungai.

“Beberapa Raperda telah disepakati bersama untuk ditetapkan menjadi Perda, di antaranya adalah Raperda Pencabutan Peraturan Daerah Prov. Kalteng Nomor 4 Tahun 2013 tentang Tata Cara Tuntutan Ganti Kerugian Daerah dan Raperda tentang Cagar Budaya,”kata Edy Pratowo.

Menurutnya, pada Masa Persidangan I, ada beberapa Raperda yang dilanjutkan pembahasannya pada Masa Persidangan II, yaitu Raperda tentang Rencana Tata Ruang Prov. Kalteng Tahun 2023 – 2043, Raperda tentang Organisasi Perangkat Daerah Prov. Kalteng, Raperda tentang Fasilitasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika, Raperda tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan dan Raperda tentang Pengelolaan Daerah Aliran Sungai.

Edy menjelaskan, pada tahun 2023 ini direncanakan ada 4 Raperda, dimana dua Raperda yang akan dibahas yang telah ditetapkan dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) tahun 2023 yaitu Raperda tentang Pemberian Insentif dan Kemudahan Penanaman Modal dan Raperda tentang Penyelenggaraan Terpadu Satu Pintu.

Baca Juga :  Perjalanan Domestik Tak Perlu PCR dan Antigen

Sedangkan 2 Raperda lainnya saat ini dalam pengajuan di luar Propemperda Tahun 2023 dengan permohonan dibahas pada Masa Persidangan Il, yaitu Raperda tentang Perubahan Bentuk Hukum Perseroan Terbatas Jamkrida Kalteng menjadi perusahaan perseroan daerah dan Raperda tentang Perubahan Bentuk Hukum Perseroan Terbatas Jamkrida Kalteng menjadi perusahaan perseroan daerah.

“Saya sangat berharap tahapan pembahasan Raperda yang belum ditetapkan akan bisa dilanjutkan serta semua materi persidangan dapat dirampungkan, sesuai dengan agenda yang dijadwalkan”, ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kalteng Abdul Razak mengatakan, rapat paripurna penutup ini sekaligus dilanjutkan dengan rapat pembukaan masa sidang ke II tahun sidang 2023. Pada rapat ini, pihaknya mendengarkan paparan sambutan dari unsur pimpinan Pemprov Kalteng. (asro)

Share :

Baca Juga

Pemprov Kalteng

Cegah Stunting dengan Maksimalkan Peran Puskesmas

Pemprov Kalteng

Gubernur Kalteng Nobar Timnas Bersama Ratusan Warga

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Ikuti Rakordal Inflasi Kemendagri

Pemprov Kalteng

Kalteng Tiga Besar Nasional Sektor Transportasi Umum

Pemprov Kalteng

Tim Satgas Pangan Kalteng Pantau Harga Sembako

Pemprov Kalteng

Yulistra Ivo Ajak Kaum Perempuan Turut Membangun Daerah

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Pantau Harga Sembako

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Sosialisasi Kesadaran Bela Negara