Home / Katingan / Pemkab Katingan

Kamis, 15 Desember 2022 - 15:01 WIB

Kustaman, Terpilih Jadi Damang Katingan Tengah

Pemerintah Kecamatan Katingan Tengah saat menggelar pemilihan damang di aula kantor kecamatan setempat, Kamis (15/12). (Foto : Isnaeni).

Pemerintah Kecamatan Katingan Tengah saat menggelar pemilihan damang di aula kantor kecamatan setempat, Kamis (15/12). (Foto : Isnaeni).

KASONGAN, KaltengEkspres.com – Pemerintah Kecamatan Katingan Tengah menggelar pemilihan Damang Kepala Adat (DKA) masa bakti 2023-2028, di Aula Kantor Kecamatan Katingan Tengah Kabupaten Katingan, Kamis (15/12/2022).

Pemilihan ini dihadiri, Wakil Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Katingan, Edi Rahmat Sosiawan dan Kapolsek Katingan Tengah, Kepala Desa se Katingan Tengah, Ketua BPD dan Ketua LPM se Katingan Tengah, Ketua Mantir Adat Desa se Katingan Tengah serta Batamad Katingan Tengah.

Ketua Pelaksanan Pemilihan DKA Kecamatan Katingan Tengah, Yobie Sandra mengatakan, Damang merupakan mitra camat untuk membangun dan menertibkan segala permasalah hukum adat di Kecamatan Katingan Tengah.

“Damang adalah mintra camat bersama-sama dalam membangun dan menjaga ketertiban serta memajukan Kecamatan Katingan Tengah,” kata pria yang juga menjabat sebagai Camat Katingan Tengah ini.

Baca Juga :  Dukung Pembangunan Balai Desa Berbentuk Panggung

Ia menjelaskan, pemilihan DKA Kecamatan Katingan Tengah diikuti empat calon Damang yakni Jhon Lepie, S.Pd.SD, Kustaman Hadi, Gading dan Andat. Ke empat calon ini memperebutkan total 50 suara dengan komposisi 1 suara dari Kepala Desa se Katingan Tengah, 1 Suara dari Ketua BPD dan LPM se Katingan Tengah, 1 Suara dari Ketua Mantir Adat Desa/Kelurahan se Katingan Tengah dan 2 Suara dari Mantir Adat Kecamatan.

“ Pengguna hak pilih pada pemilihan damang kali ini yakni 16 Kepala Desa/Lurah se Katingan Tengah , 16 orang Ketua BPD dan LPM se Katingan Tengah, 16 Orang Ketua Mantir Adat Desa/ Kelurahan se Katingan Tengah dan 2 Suara dari Mantir Adat Kecamatan, sehingga total suara yang diperebutkan para calon ini sebanyak 50 suara” terang Yobie.

Baca Juga :  Dandim 1019 Katingan Tutup TMMD 2024

Hasil perhitungan suara diperoleh Jhon Lepie, total 2 Suara, Kustaman Hadi 26 Suara, Gading 5 Suara dan Andat memperoleh 14 suara, sehingga total suara sah sebanyak 47 suara. Sementara 3 pengguna hak pilih tidak menghadiri pemilihan.

“Dengan ini, Panitia Pemilihan Damang Kepala Adat Kecamatan Katingan Tengah menetapkan Kustaman Hadi peraih suara tertinggi dan terpilih menjadi Damang Kepala Adat Kecamatan Katingan Tengah masa bakti 2023-2028,”ungkapnya.

Sementara itu Damang terpilih, Kustaman Hadi mengucapkan bersyukur diberikan kesempatan untuk menjadi Ketua DKA, sesuai dengan visi dan misi, dan juga akan melaksanakan tugas kelembagaan dan berkerja sama dengan mantir-mantir, pemerintah desa, kecamatan, kabupaten dan juga pihak swasta. (isnaeni)

Share :

Baca Juga

Pemkab Katingan

Libatkan PBS Perbaiki Ruas Jalan Tumbang Samba

Pemkab Katingan

Bupati Katingan Buka Rakor SP 2020

Pemkab Katingan

Pemkab Katingan Tangani Korban Banjir

Katingan

Sempat Kabur, Penganiaya Istri di Salon Sira Diringkus Polisi 

DPRD Katingan

BPOM Kalteng Audensi Pembentukan SAKA Katingan 

Pemkab Katingan

DPPA-KB Akan Sambangi Rumah Masyarakat Berikan Layanan KB Gratis

Pemkab Katingan

DLH Akan Tanam Bibit Trambesi Kiri Kanan Jalan di Kasongan

Katingan

Laporan Harta Kekayaan Wajib Dilaporkan Secara Elektronik