Home / Lintas Kalimantan / Metro Palangka Raya

Selasa, 6 September 2022 - 14:07 WIB

Dukung Energi Bersih, PLN Gencar Kampanyekan Kendaraan Listrik 

Bupati Tabalong, Drs. H. Anang Syakhfiani, M.Si, saat foto bersama jajaran Manajemen PLN dan unsur FKPD Tabalong ketika bersiap menjajali motor listrik untuk turut mengkampanyekan energi ramah lingkungan ini.

Bupati Tabalong, Drs. H. Anang Syakhfiani, M.Si, saat foto bersama jajaran Manajemen PLN dan unsur FKPD Tabalong ketika bersiap menjajali motor listrik untuk turut mengkampanyekan energi ramah lingkungan ini.

TABALONG, KaltengEkspres.com – PT PLN (Persero) mendukung pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik dengan mendorong berbagai elemen masyarakat, di antaranya kegiatan Komunitas Motor Listrik untuk aktif mengkampanyekan penggunaan kendaraan listrik menuju transisi energi bersih.

Dukungan PLN antara lain dalam pelaksanaan Electric Vehicle Community Touring yang diselenggarakan oleh Komunitas Motor Listrik Bersatu Banua Enam (Itik Bebanam) di Tanjung Expo Center, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, Senin (5/9) siang, untuk mengampanyekan transportasi dengan energi bersih.

Meskipun hujan deras sempat mengguyur Bumi Sarabakawa, ketangguhan kendaraan listrik kembali terbukti andal digunakan dalam kegiatan Electric Vehicle Touring ini. Selain itu kendaraan listrik terbilang aman untuk melibas genangan air, konstruksi sistem kelistrikan dan baterai kendaraan listrik dirancang terhadap segala cuaca, tidak terkecuali air. Tidak ada pembakaran mesin juga membuat kendaraan listrik aman saat menerjang genangan air dibandingkan dengan mesin bahan bakar.

Bupati Tabalong, Drs. H. Anang Syakhfiani, M.Si, menjajal langsung ketangguhan kendaraan listrik, dirinya mengatakan kegiatan ini merupakan simbolisasi tranformasi perubahan di Indonesia, terlebih adanya penyesuaian harga bahan bakar minyak oleh pemerintah, sehingga motor listrik menjadi pilihan baru bagi masyarakat.

Bupati bahkan mendorong masyarakat untuk segera melakukan transformasi teknologi melalui penggunaan kendaraan listrik

Baca Juga :  Relawan H2D Laksanakan Aksi Donor Darah di Posko Varras Banjarbaru

“Kami berharap dengan kegiatan ini dapat mempercepat perubahan pandangan masyarakat terhadap adanya tranformasi energi, kalau berbicara tentang efisiensi dan minimnya pencemaran lingkungan, maka masyarakat harus menggunakan kendaraan elektrik baik mobil maupun motor,” kata Bupati Tabalong.

Tak lupa Bupati pun mengapresiasi PLN atas dukungannya melaksanakan kampanye transportasi energi hijau dengan kendaraan listrik.

“Pemerintah Kabupaten Tabalong sepenuhnya mendukung PLN, terutama untuk membangun SPKLU di Tanjung agar komunitas kendaraan listrik jadi lebih nyaman untuk melakukan pengisian baterai, terlebih Kabupaten Tabalong merupakan lintasan 3 Provinsi di Kalimantan,” ujarnya.

Salah satu peserta kegiatan Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Tabalong, AKP Rio Angga Prasetyo, mengatakan menggunakan mobil listrik sangat nyaman, tidak ada getaran dari mesin mobil dan juga tidak ada gas hasil pembakaran sehingga lingkungan jadi lebih bersih.

Senada, Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Barabai, Apreza Pashya menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk dukungan PLN terhadap program pemerintah dalam pelaksanaan Energi ramah lingkungan melalui Program Borneo Green Environment.

“PLN UIW KSKT melalui Program Borneo Green Environment yaitu suatu gerakan menciptakan,mengenalkan dan mengembangkan ekosistem Electrifying lifestyle melalui 3 pilar yaitu EV Community, Induction Stove, serta Green and Collaborative Products,” jelas Apreza.

Baca Juga :  Mantan Security Nekat Mencuri Uang Kotak Amal

Melalui touring tersebut, pihaknya berharap masyarakat dapat semakin melek terhadap keuntungan yang didapatkan oleh mereka serta dapat membantu pemerintah dalam mencapai zero carbon serta mengimplementasikan Perpres No 55 Tahun 2019 tentang percepatan kendaraan listrik di jalan raya.

“Dengan kegiatan ini, kami bersama-sama mengkampanyekan penggunaan kendaran listrik memiliki banyak kelebihan dan lebih efisien ini sehingga dapat mengambil hati masyarakat Indonesia untu dijadikan sebagai kendaraan sehari-hari. Harapan kami dengan kegiatan ini juga memacu semangat stakeholders untuk mengimplementasikan penggunaan kendaraan listrik sebagai kendaraan kedinasan sehari-hari,” pungkas Apreza.

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Tabalong tersebut sebanyak 43 motor listrik dan 2 mobil listrik turut ambil bagian hijaukan Bumi Sarabakawa. Kegiatan Electric Vehicle Touring ini mengambil rute mulai dari Tanjung Expo Center menyusuri jalan PH. Moch. Noor menuju halaman Komplek Pendopo Bersinar dan kembali titik awal. (adv)

Disclaimer: Artikel ini di produksi oleh kaltengekspres.com. Semua publikasi berita yang diterbitkan media Kalteng Ekspres.com, merupakan tanggung jawab penanggung jawab redaksi.

Share :

Baca Juga

Hukum Kriminal

Kapolda Tindak Tegas Anggota yang Bermain-main dengan Narkoba

Metro Palangka Raya

Laka Maut Tumbang Nusa Tewaskan Satu Pengendara Motor 

Metro Palangka Raya

Depresi, Pemuda 22 Tahun Coba Bunuh Diri

Metro Palangka Raya

Apes… Tertangkap Basah Mencuri Dompet, Saidi Digebuki Warga

Metro Palangka Raya

Pengedar Sabu Langkai Diringkus Polisi

DPRD Kota

Dewan Dorong Pelaksanaan PPKM Berbasis Mikro

Metro Palangka Raya

Pria Berusia 50 Tahun Ditemukan Tewas di dalam Rumah

Hukum Kriminal

Polresta Palangka Raya Olah TKP Karhutla di Km 10 Palangka Raya