Home / Kobar

Rabu, 31 Agustus 2022 - 16:27 WIB

Korupsi DD, Mantan Sekdes Kerabu Divonis 3 Tahun Penjara 

FOTO :IST _ Terdakwa saat menjalani sidang vonis Rabu (31/8).

FOTO :IST _ Terdakwa saat menjalani sidang vonis Rabu (31/8).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menjatuhkan vonis Sekretaris Desa (Sekdes) Kerabu bernama Mastur, dengan hukuman 3 tahun penjara dalam kasus korupsi dana desa (DD). Tak hanya itu, ia juga dikenakan Uang Pengganti (UP) sebesar Rp.948 juta lebih untuk mengembalikan kerugian negara.

“Mantan Sekdes, Desa Kerabu Kecamatan Arut Utara Kabupaten Kobar periode tahun 2016-2019 divonis tiga tahun penjara”, kata Kajari Kobar Makrun melalui Kasi Pidsus Yushar, Rabu (31/8/2022).

Putusan ini sendiri lanjut dia, lebih ringan dari tuntutan Jaksa sebelumnya yaitu empat tahun penjara. Selain divonis penjara juga diwajibkan membayar denda sebesar Rp. 100 juta dengan subsidiair 4 bulan kurungan penjara.

Baca Juga :  Sejumlah Pedagang Buah Sempat Menolak Direlokasi

Menurut Yushar, apapun putusan yang diberikan tentunya Jaksa Penuntut umum sudah melakukan upaya sesuai dengan perbuatannya. Selain itu juga semua barang bukti juga sudah disampaikan. Termasuk dengan BAP yang disampaikan pada saat pemeriksaan.

Hakim juga menghukum terdakwa untuk membayar Uang Pengganti (UP) sebesar Rp 948 juta lebih dan denda ini juga diberikan waktu selama satu bulan lamanya untuk segera dibayarkan.

“Kalau nantinya terdakwa tidak membayar uang pengganti paling lama  sesudah memperoleh kekuatan hukum tetap tentunya akan diberikan hukuman tambahan, ” ujar Yushar.

Baca Juga :  Dihantam Truk, Ertiga Ringsek Berat

“Kalau tidak bisa membayar harta benda terdakwa dapat disita dan dilelang untuk menutupi uang pengganti. Harta benda yang dibayarkan nantinya juga akan dihitung,”tambahnya.

Apabila harga benda milik terdakwa tidak dapat menutupi ganti rugi negara, tentunya akan mendapatkan hukuman tambahan.

Putusan tersebut diganti dengan pidana penjara selama satu tahun penjara. Atas hasil putusan yang diberikan ini terdakwa sendiri mengaku pikir-pikir terlebih dahulu melalui penasehatnya.

“Kami juga akan menunggu jawaban dari terdakwa, apabila tidak memberikan jawaban maka akan dianggap menerima putusan,”pungkasnya. (yr)

Share :

Baca Juga

Kobar

Wakil Bupati Kobar Positif Terpapar Covid-19

Kobar

Penipu Jual Beli Sepeda Motor Diringkus Polisi 

Kobar

Bupati Ziarah ke Makam Pendiri dan Keluarga Kerajaan

DPRD Provinsi Kalteng

Rombongan Anggota DPRD Kalteng Dapil III Reses di Kobar

Kobar

Tak Jera, Residivis Sabu Kembali Diringkus BNN Kobar

Budaya/Wisata

Indahnya Pantai Tanjung Keluang

Kobar

Tujuh Komplotan Bandar dan Kurir Sabu Dibekuk Polisi, Barbuk 13,17 Gram Diamankan

Kobar

Kapal Putri Ayu 3 Ditemukan Terbalik