Home / DPRD Kota

Jumat, 18 Februari 2022 - 21:23 WIB

Belajar Daring Perlu Variasi

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Kembali tingginya angka kasus Covid-19 aktif di Kota Palangka Raya, membuat pemerintah kota (Pemko) setempat mengambil langkah-langkah kongkret.

Salah satunya melalui Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, menghentikan sementara kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) bagi sekolah-sekolah, dan kembali menerapkan pola pembelajaran jarak jauh (PJJ) dalam jaringan (Daring).

Menanggapi ini, Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya Sigit Widodo mengatakan mendukung kebijakan tersebut. Karena itu perlu diambil langkah strategis yakni dengan menerapkan variasi pembelajaran daring untuk dikembangkan selama pelaksanaan PJJ.

Baca Juga :  Wujudkan Kemandirian Fiskal

“Berdasarkan data nasional terjadinya learning loss akibat pandemi, ditunjukkan dengan rata-rata kemampuan belajar anak sekolah menurun cukup tajam,”ungkapnya, Jumat (17/2/2022).

Maka dari itu lanjut dia, ada baik pemerintah pusat maupun daerah dapat membangun kebijakan baru untuk metoda pembelajaran ke depan.

Pada pembelajaran daring itu sendiri, maka sejatinya guru mempunyai peran penting. Sehingga untuk melancarkan aktivitas belajar-mengajar daring, dibutuhkan variasi mengajar.

Baca Juga :  Raperda Hasil Evaluasi Gubernur Disepakati

Variasi pada pembelajaran daring tersebut dapat dilakukan dengan cara virtual, berkelompok untuk berdiskusi, pemberian materi dalam bentuk video, rekaman, powerpoint, modul, lembar belajar, permainan dengan game quiz dan penilaian secara online.

“Apabila guru dapat mempergunakan beragam variasi dalam mengajar daring, maka peserta didik dapat senang, dan
merasa tak jenuh serta dapat mengikuti pelajaran secara efektif,” pungkasnya.(as/hm)

Share :

Baca Juga

DPRD Kota

DPRD Kota Awasi Pembagian Lapak Pedagang Kuliner

DPRD Kota

Dewan Apresiasi UCI MTB Berjalan Lancar dan Sukses

DPRD Kota

Ketua DPRD Kota Apresiasi PPKM Turun Level 2

DPRD Kota

Waspadai Virus Varian Delta

DPRD Kota

Dewan Imbau Masyarakat Berhati-hati Gunakan Medsos

DPRD Kota

Masyarakat Diminta Tidak Berlebihan Beli Sembako

DPRD Kota

Dewan Gagas Raperda Penanganan Covid-19

DPRD Kota

Pemko Diminta Atasi Sampah Pasca Lebaran