Home / Barito

Senin, 3 Januari 2022 - 19:19 WIB

Mantap! Jembatan Kalahien Resmi Miliki Jasa Pandu

Buntok,Kaltengekspres.com – Setelah menunggu cukup lama, akhirnya kegiatan pengamanan jembatan bentang panjang Kalahien Buntok menggunakan Kapal Pandu diresmikan Senin (3/1/2022).

Dalam kegiatan yang dihadiri beberapa dewan direksi Perusahaan Daerah (Perusda) Banama Tingang Palangkaraya, Ketua Komisi I DPRD Barsel, direksi Danum Belum Buntok, Direksi PT. Barito Raja Berkah, tokoh masyarakat dan undangan lainnya itu, Bupati Barsel Eddy Raya Samsuri yang sambutannya disampaikan Asisten I Yoga P Utomo SSTP  menjelaskan bahwa kegiatan itu sesuai dengan perda Kalteng No 8 dan undang – undng pelayaran tentang pelayaran. Untuk menjaga keselamatan dan aset

“Memang kita sadari geografis Barsel dialiri sungai Barito yang lebar, panjang dan aktivitas pelayaran juga padat, sehingga perlu pengaturan pelayaran,” katanya.

Ia juga menjelaskan, selaku pemerintah daerah menyambut baik dengan adanya kegiatan tersebut, sehingga dapat lebih meningkatkan alur perekonomian untuk pendapat masyarakat sekitar jembatan Kalahien.

“Hal yang terpenting bagi kita sekarang adalah bagaimana kita menjaga, mengatur sehingga jembatan yang merupakan aset tidak rusak, karena untuk membangunnya memerlukan waktu, tenaga dan biaya yang tidak sedikit,” kata Yoga.

Baca Juga :  Sempat Dipertanyakan Warga, Aktivitas PT.ABC Didalam HGU PT.BCL Ada Kejelasan

Jembatan Kalahien ini juga tambah Yoga, merupakan urat nadi perekonomian Kalteng, karena beberapa kabupaten juga menikmati jembatan Kalahien untuk menuju ibukota provinsi Kalteng.

“Kita sangat menyambut Baik dan menghimbau semua pihak untuk mendukung program yang akan mengatakan perekonomian ini,” jelasnya.

Ditempat yang sama Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama
Perusahaan Daerah Banama Tingang Kalteng M. Hasanuddin Noor menjelaskan, kegiatan yang dilakukan tersebut merupakan lonceng amanah dari perda Kalteng No.8 tahun 2015, dimana setiap jabatan bentang panjang perlu pengamanan.

Sehingga dari dasar tersebut pihaknya telah melakukan rapat dengan agen – agen kapal di Palangka raya sehingga timbul kesepakatan untuk adanya kegiatan kapal Pandu.

“Karena jasa, harus ada kontribusi dan kita bekerja sama dengan prusda Barsel, dengan masyarakat dan pihak – pihak lainnya.

Dikatakan Hasanuddin, apa yang mereka sediakan tersebut merupakan kapal bantu, sehingga semua kapal yang melintas bisa melewati jembatan dengan aman

“Kita berharap dukungan semua pihak agar apa yang kita programkan bisa berjalan sesuai harapan,” harapnya.

Baca Juga :  TNI - Polri Bersama Mitra Kerja Kembali Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Kota Buntok

Hal senada juga diutarakan Eddy Saputra Direktur PT Rajawali Barito yang didamping Direktur PT Barito Raja Berkah Jhon Kenedy berterima kasih kepada semua pihak baik masyarakat maupun instansi terkait, termasuk owner dan agen pelayaran yang telah hadir dalam peresmian kegiatan pengamanan jembatan bentang panjang kalahien

“Apa yang kita lakukan ini merupakan bentuk sinergitas sebagaimana yg diharapkan bapak gubernur untuk berkontribusi bagi PAD Prov Kalteng dalam hal ini pengamanan kapal bantu” katanya

Ia juga mengharapkan saran dan masukkan bila ada hal yang tidak berkenan, agar pihaknya dapat memberikan pelayanan yang terbaik.

“Terkhusus kita sampaikan penghargaan yang tak terhingga kepada bapak gubernur yang telah memberikan ruang usaha bagi masyarakat melalui keberadaan Prusda Banam tingang makmur,”

“Tak lupa pula kami sampaikan terima kasih kepada bapak bupati barsel atas supportnya melalui perusda danum belum, sehingga apa yang kita harapkan dapat berjalan sebagai mana mestinya,” tutupnya. (rif).

Share :

Baca Juga

Barito

Satgas TMMD Ajak Warga Jaga Kebersihan Desanya

Barito

Bupati Bartim Gelar Open House Hari Natal

Barito

Balita di Muara Teweh Tenggelam di DAS Barito

Barito

Cek Kesiapan Hadapi New Normal, Waka Polda Kalteng Sambangi Polres Barsel

Barito

Camat Cek Kesiapan Kantor Desa Sibung Jelang Kedatangan Wasev TMMM

Barito

Bina Generasi Muda, Satgas TMMD Kodim Buntok Ajak Pemuda Olahraga

Barito

Keakraban Anggota Satgas TMMD Dengan Warga Makin Erat Terjalin

Barito

Wadan Satgas TMMD Pimpin Operasi Yustisi di Kecamatan Raren Batuah