Home / Kotim

Selasa, 4 Januari 2022 - 19:18 WIB

Kebakaran Pasar Pundu Hanguskan 67 Kios dan 4 Kendaraan

Kobaran api saat meluluh lantakan bangunan kios pedagang Pasar Pundu, Senin (3/1/2022) kemarin.

Kobaran api saat meluluh lantakan bangunan kios pedagang Pasar Pundu, Senin (3/1/2022) kemarin.

SAMPIT, KaltengEkspres.com – Kebakaran besar yang terjadi di kawasan Pasar Desa Pundu RT 1, 2 dan 3 Kecamatan Cempaga Hulu Kabupaten Kotim yang terjadi, Senin (3/1/2022) sekira pukul 14.15 WIB, menyisakan duka bagi para korban.

Pasalnya, dalam perisriwa ini tercatat ada sekitar 67 kios milik warga yang terbakar. Tak hanya kiosnya, peristiwa ini juga melumat habis barang jualan pedagang, kemudian dua mobil dan dua sepeda motor. Sehingga kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah. Diduga kebakaran ini disebabkan korleting listrik di bangunan salah satu kios milik pedagang.

Kapolres Kotim AKBP Abdoel Harris Jakin melalui Kapolsek Cempaga Hulu Iptu Dwi Susanto mengatakan, sumber api dalam peristiwa kebakaran ini berasal dari salah satu kios yang dihuni pedagang bernama Kaspiah.

Baca Juga :  Satgas Yustisi Jaring 28 Pelanggar ProkesĀ 

“Pedagang ini, awalnya sedang mencuci piring untuk dipergunakan bagi acara pernikahan. Setelah selesai mencuci piring ia kemudian masuk dalam rumah kiosnya, dan mendengar suara letusan dari atas plafon kios dan tidak lama keluar api yang begitu cepat membesar,”ungkap Kapolsek, Selasa (4/1/2022).

Mengetahui kejadian ini, lanjut Kapolsek, korban tersebut kemudian lari kearah belakang rumah untuk menyelamatkan diri sembari meminta pertolongan warga. Namun lantaran konstruksi kios tersebut berbahan kayu sehingga api dengan cepat membesar dan menjalar kebangunan sekitarnya di dalam lingkungan komplek Pasar Pundu yang melahap habis 67 kios, dan dua mobil serta dua sepeda motor.

Baca Juga :  Kapal Putri Ayu 3 Ditemukan TerbalikĀ 

“Saat kejadian ini, warga bersama petugas Polri dan TNI melakukan upaya pemadaman dengan peratalan seadanya. Tidak lama, datang 3 unit mobil pemadam dari Kabupaten Kotim dan milik PT Windu melakukan pemadaman, sehingga api dapat dipadamkan sekitar pukul 17.30 WIB,”ujar Dwi Susanto.

Dwi menambahkan, bahwa penyebab kebakaran ini belum bisa dipastikan pihaknya lantaran masih dalam penyelidikan. Namun dugaan sementara karena korleting listrik dibagian atas bangunan kios. (Ry/hm)

Share :

Baca Juga

Kotim

Nekat Curi Kotak Amal dan Kipas Angin Masjid, Remaja Kotim Diringkus Polisi

Kotim

Kasus SPPD Fiktif di Dishut Kotim Mulai Bidik Tersangka

Kotim

Dewan Desak Aparat Penegak Hukum Selidiki PT BSP

Kotim

Warga Pegiat Anti Narkoba Dorong Kehadiran BNNK di Kotim, Polisi Diminta Usut Bandar Besar

Kotim

Nahas, IRT Hilang Tenggelam Saat Mencuci Pakaian

Kotim

Sering Konsumsi Sabu, Pemicu Dua Pelaku Menganiaya Korban

Kotim

Polres Kotim Musnahkan Sabu Senilai Rp 1 MiliarĀ 

Kotim

TMMD 109 Juga Gelar Turnamen Bola Voli