Home / Katingan

Jumat, 31 Desember 2021 - 14:18 WIB

Kasus Pencurian dan KDRT Selama 2021 Meningkat di Katingan

KASONGAN, KaltemgEkspres.com- Jajaran Kepolisian dari Polres Katingan pada Jumat (31/12/2021), menggelar kegiatan konferensi pers akhir tahun di Pimpin oleh Kapolres Katingan AKBP. Paulus Sonny Bhakti Wibowo, didampingi Kabag Ops Triyo, Kabag Ren, Harjunanto, di pendopo Polres Katingan.

” Pada hari ini kita berikan gambaran kinerja Polres Katingan di tahun 2021,” kata Kapolres Katingan, AKBP.Paulus Sonny Bhakti Wibowo kepada sejumlah media, Jumat (31/12/2021).

Dijelaskan Kapolres jumlah kejahatan di tahun 2021 mencapai 92 Kasus ditangani Polres Katingan, sedangkan ditahun 2020 lalu terdapat 109 kasus ditangani Polres Katingan, dan ada penurunan 16 perkara ditahun 2021.

Sementara jenis tindak pidana, untuka Narkotika, pencurian, persetubuhan dibawah umur mendominasi kasus ditangani pada tahun 2021, seperti Narkotika ada 29 kasus di tahun 2020, dan ditahun 2021 ada 9 kasus, ada penurunan kasus sebanyak 13 kasus dari tahun 202, terdapat 3 perkara.

“K.asus persetubuhan dibawah umur tahun 2021 ada 10 kasus dan 13 kasus selesai, kemudian kasus menonjol lagi pencurian dan KDRT dapat diungkap di tahun 2021.” ucap Kapolres.

Baca Juga :  Diselimuti Asap, Dinkes Diminta Bagi Masker ke Masyarakat

Sedangkan kasus kejahatan lainnya seperti penggelapan dana nasabah koperasi UGT sebesar Rp. 1 miliar lebih dilakukan orang dalam dan membuat kebakaran di koperasi UGT, kemudian kasus KDRT istri siri dan kurang perhatian karena mengalami luka pada bagian wajah.

” Kemudian, Penegakan hukum ditahun 2021 sebanyak 29 perkara, 2020 ada 19 perkara, 37 orang tersangka dengan barang bukti 487 gram narkotika adanya peningkatan kasus narkoba dengan pengungkapan.” sebutnya.

Kemudian, kasus lalulintas terjadi 10 kasus lakalantas dengan 63 kasus dari 53 orang dengan korban 22 orang meninggal dunia dengan pelanggaran lalulintas penindakan, adanya penurunan proses tilang tak lagi berbentuk penindakan dan peneguran secara humanis terdapat 570 orang dengan upaya sosialisasi dan peneguran.

” Polres Katingan dengan 10 kegiatan yakni Kegiatan Aman Nusa Dua, Ketupat, Bina Taruna, Peti, Anti Narkoba, Wana Laga, Patuh Lalulintas, Keselamatan, Operasi Zebra dan Operasi Lilin,” ungkapnya.

Baca Juga :  Humas Polres Katingan Terima Dua Penghargaan dari Kapolda Kalteng

Ia menjelaskan, untuk anggaran 2021, ada sebanyak Rp. 33 miliar lebih, sedangkan ditahun 2020 terdapat Rp. 34 miliar terserap belanja barang dan belanja pegawai. Namun ditahun 2021 terdapat tambahan anggaran sebesar Rp.3 Milyar sehingga mencapai Rp.36 milyar lebih di tahun 2022.

Sementara untuk Pengamanan disiplin anggota ada 6 kasus, yakni terdapat kode etik 2 kasus, diharapkan tahun 2022 tak ada lagi pelanggaran anggota polisi.

” Prediksi kerawanan kejadian sengketa lahan masyarakat dengan perusahaan, sulit mediasi, kemungkinan ada oknun tertentu atas penyelesaian kasus ini, ada hal menyangkut sengketa lahan ada upaya penyelsaian dengan perusahan menyangkut kasus lahan.” bebernya.

Untuk kasus karhutla dapat diminimalisir, dengan bantuan citra satelit dan kesiapan personil dapat memadamkan bila terjadi karhutla dapat ditanggulangi. (MI)

Share :

Baca Juga

Katingan

Kabupaten Katingan Masih Zona Hijau Covid-19

Katingan

Kustaman, Terpilih Jadi Damang Katingan Tengah

Katingan

Dewan Minta Pemkab Katingan Tak Naikan Sewa Ruko 

Katingan

Warga Desa Mirah Berharap Jembatan Jebol Segera Diperbaiki

Hukum Kriminal

Satlantas Polres Katingan Tangani Kasus Kecelakaan Pikap dan Sepeda Motor

Katingan

Aset Danau Kasongan Lama Bakal Dikelola 

Katingan

12 Hari Tenggelam, Selan Ditemukan Jadi Tengkorak

Katingan

Bupati Katingan Lantik Petugas Panwascam