Home / Kotim

Selasa, 9 November 2021 - 21:01 WIB

Curi 1,3 Ton Sawit, Dua Warga Kuayan Diciduk Polisi

Kedua pelaku saat diamankan anggota Polsek Mentaya Hulu saat tertangkap basah mencuri sawit.

Kedua pelaku saat diamankan anggota Polsek Mentaya Hulu saat tertangkap basah mencuri sawit.

SAMPIT, KaltengEkspres.com – Dua orang warga Kuala Kuayan bernama Joni M Nur dan Rudol Bawa Hasi hanya bisa pasrah saat dijebloskan ke ruang tahanan Mapolsek Mentaya Hulu. Keduanya ditangkap karena kedapatan mencuri buah kelapa sawit milik PT KMA, di Blok D 94 Devisi I Jalan Eks Sarpatim KM 08 Kelurahan Kuala Kuayan Kecamatan Mentaya Hulu Kabupaten Kotim, Sabtu (6/11/2021) sekira pukul 14.30 WIB.

Dari tangan keduanya diamankan barang bukti sebanyak 191 janjang buah sawit dengan berat 1.340 kilogram atau setara 1,3 ton beserta alat panen dua buah tojok dan lanjung.

Kapolsek Mentaya Hulu Ipda Suwardi mengatakan, penangkapan terhadap kedua pelaku ini berawal saat petugas security perusahaan melaksanakan patroli lahan di Jalan Eks Sarpatim Km. 08 yang masuk wilayah HGU kebun PT.KMA tepatnya di Blok D 84 Divisi 1.

Baca Juga :  Polres Kotim Musnahkan Barbuk 1.962 Botol Miras

Saat patroli di wilayah setempat, petugas security ini melihat ada bekas telapak kaki manusia. Ia kemudian mengecek telapak kaki tersebut lalu menuju kearah parit gajah yang membatasi antara areal kebun PT KMA dengan lahan masyarakat.

“Saat menyelidiki telapak kaki ini, ia melihat tumpukan buah kelapa sawit di dalam parit tersebut dan menemukan dua orang pelaku mengangkut buah kelapa sawit menggunakan lanjung sambil memegang tojok dan tak jauh darinya tumpukan buah kelapa sawit yang berada di dalam parit,”ungkap Kapolsek.

Baca Juga :  Satgas TMMD Tanamkan Semangat Pantang Menyerah kepada Masyarakat

Selanjutnya kedua pelaku ini diamankan bersama barang bukti buah kelapa sawit ke kantor perusahaan. Setelah itu kasusnya dilaporkan ke Mapolsek Mentaya Hulu.

Menyikapi ini anggota langsung membawa kedua pelaku ke Mapolsek Mentaya Hulu untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Atas perbuatannya ini, kedua pelaku dikenakan Pasal 107 huruf d UU RI No. 39 tahun 2014 tentang Perkebunan Jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP atau Pasal 363 ayat (1) ke-4 KUHP dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. (Ry/hm)

Share :

Baca Juga

Kotim

Satlantas Operasi Yustisi di Ruas Jalan Sudirman

Kotim

Kodim 1015 Sampit Umumkan Pemenang LKJ TMMD Reguler ke-109

Kotim

Rawan Pencemaran, Aktivitas Jual Limbah Sawit PBS di Pelabuhan Pelindo Disorot Aktivis

Kotim

Pembangunan Pos Terpadu Alami Sedikit Hambatan

Kotim

Sering Gangguan, Pelayanan Pembuatan e-KTP di Disdukcapil Kotim Dikeluhkan Warga

Kotim

Warga Sebungsu Ditemukan Tewas Mengapung

Kotim

TMMD Reguler ke-109 Wujudkan Mimpi Warga Pulau Hanaut

Kotim

Tragis, Pengendara Motor Tewas Terlindas Truk CPO