Home / Pemko Palangka Raya

Sabtu, 13 November 2021 - 22:20 WIB

BPBD Kota Monitoring Daerah Rawan Banjir

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Untuk mengantisipasi terjadinya banjir tahunan di Kota Palangka Raya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya melaksanakan monitoring dan evaluasi (Monev) terkait banjir di tiga lokasi di Kota Palangka Raya.

Ketiga lokasi tersebut diantaranya di Kawasan Jalan Pelatuk IV B, Jalan Pelatuk VI Kelurahan Palangka Kecamatan Jekan Raya, dan di Kelurahan Petuk Katimpun.

Adapun hasil dari tim melakukan monitoring dan evaluasi mendapatkan pada ketiga lokasi tersebut debit air mengalami kenaikan.

Seperti di jalan Pelatuk IVb sekitar debit air naik hingga 40 cm sekitar 25 rumah terendam air, Jalan Pelatuk VI Kurang debit air naik 40 – 60 cm dan sekitar 30 rumah terendam, sementara di Jalan Petuk Katimpun adanya kenaikan debit air sekitar 10 – 50cm di atas badan Jalan dan jalur darat terputus atau belum bisa di lewati menuju kampung warga.

Baca Juga :  Realisasi Vaksinasi Sudah Capai 71,70 Persen

Kepala BPBD Kota Palangka Raya, Emi Abriyani mengatakan, kegiatan monev yang dilakukan pihaknya tersebut merupakan bentuk antisipasi dalam pencegahan banjir tahunan kepada daerah yang rawan akan banjir ketika musim penghujan tiba.

Baca Juga :  Wujudkan SDM Berkualitas melalui PBK

“Intensitas curah hujan di wilayah Kota Palangka Raya akhir-akhir ini cukup tinggi dan mengakibatkan meluapnya air. Untuk itu kami dari BPBD Kota Palangka Raya melaksanakan monitoring dan evaluasi agar mengetahui debit air tersebut sehingga nantinya dapat cepat dilakukan antisipasi ketika terjadinya banjir”. ucap Emi Jumat (12/11/2021).

“Saya mengimbau kepada warga yang ada di sekitar bantaran sungai agar selalu waspada dan berhati-hati mengingat intensitas hujan sekarang cukup tinggi dan hal tersebut berpotensi menimbulkan banjir,”tambah Emi. (as/hm)

Share :

Baca Juga

Pemko Palangka Raya

HKN Momentum Terapkan Pola Hidup Sehat

Pemko Palangka Raya

Waspada Penyakit Musim Penghujan

Pemko Palangka Raya

Debit Air di Kota Palangka Raya Masih Aman

Pemko Palangka Raya

Tiga Kecamatan Rawan Karhutla

Pemko Palangka Raya

1,5 Ribu Nakes Palangka Raya Telah Divaksin

Pemko Palangka Raya

Musim Hujan, Program Restoking Dinilai Tepat

Pemko Palangka Raya

Wali Kota Palangka Raya Serahkan Bantuan Kendaraan Operasional

Pemko Palangka Raya

Wali Kota Buka Pelatihan Cara Pembenihan Ikan