Home / Pemkab Kapuas

Rabu, 7 April 2021 - 13:26 WIB

DLH Kapuas Tebang 22 Batang Pohon Dalam Kota

Kepala DLH Kabupaten Kapuas Kusmiatie.

Kepala DLH Kabupaten Kapuas Kusmiatie.

KUALA KAPUAS, Kaltengekspres.com – Pasca terjadinya pohon tumbang yang menimpa dua orang warga di Jalan Maluku Samping stadion Panunjung Tarung Kota Kuala Kapuas, Minggu(4/4/2021) malam sekitar pukul 19.30 Wib lalu, telah disikapi oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kapuas.

Dinas setempat langsung menebang 22 batang pohon sengon yang berada di hutan kota samping stadion Penunjung Tarung Kuala Kapuas tersebut.

Kepala DLH Kabupaten Kapuas Kusmiatie disela-sela membersikan pohon yang sudah ditebang Rabu (7/4/3021) mengatakan, bahwa setelah melakukan evaluasi, inventarisasi dan verifikasi berdasarkan izin Bupati ada sebanyak 22 pohon sengon berukuran besar yang ditebang. Pohon tersebut ditebang karena berposisi miring dan rawan tumbang.

Baca Juga :  Bupati Harapkan Profesional Wartawan Dikedepankan

“Setelah ditebang, untuk jangka panjang kami juga akan menanam pohon untuk meremajakan hutan kota, namun terlebih dahulu akan berkoordinasi dengan Sekda dan Bupati tanaman apa yang paling cocok disini, yang pasti tidak tinggi, aman juga berfungsi untuk penghijauan,”ujar Kusmiatie.

Disinggung mengenai dua korban tertimpa pohon yang sekarang dirawat di rumah sakit Banjarmasin, Kusmiatie menjelaskan, bahwa semia biayanya sepenuh ditanggung oleh pemkab Kapuas dan ini merupakan musibah.

Terhadap adanya sebuah pohon sengon besar yang berada disamping kantor PWI Kapuas yang dikhawatirkan bisa tumbang dan membahayakan warga, menurutnya belum ada usulan secara tertulis, namun tadi secara lisan sudah disampaikan oleh salahsatu pengurus PWI kepadanya.

Baca Juga :  Kepala BKPSDM Kapuas Jalani Vaksin Covid-19

“Nanti akan kita tindak lanjuti dan disampaikan kepada Bupati, karena posisinya tegak saja tidak masalah,hanya tinggi saja. Jadi kalau pertimbangan teknis yang kami sampaikan kepada Bupati diterima maka kami akan melakukan penebangan,”paparnya.

Ditambahkan Kusmiatie, pohon yang sudah ditebang ini disimpan dan diamankan di TPA kemudian tim BPKAD akan memeriksa barang ini karena ini merupakan aset daerah dan tanahnya BPKAD.(yan)

Share :

Baca Juga

Pemkab Kapuas

Lagi, Satu Orang PDP Meninggal Dunia di Kapuas

Pemkab Kapuas

Bupati Minta Kerukunan Umat Beragama Selalu Dijaga

Pemkab Kapuas

Bupati Kapuas Gelar Perpisahan dengan 19 Dokter Magang

Pemkab Kapuas

Desa Bakungin Terima Uji Coba Mesin Air Bersih

Pemkab Kapuas

Posko Desa Sei Asam Diaktifkan

Pemkab Kapuas

Mantap! Ben Brahim Jalani Vaksinasi Covid-19 Dosis Pertama

Kapuas

Camat Bataguh Pantau Kegiatan Tim Monitoring 

Pemkab Kapuas

Kafilah MTQ Kapuas Diminta Jaga Kesehatan
error: Content is protected !!