Home / Katingan / Pemkab Katingan

Rabu, 10 Februari 2021 - 13:38 WIB

Aset Danau Kasongan Lama Bakal Dikelola 

Lurah Kasongan, Dirmansyah S.hut

Lurah Kasongan, Dirmansyah S.hut

KASONGAN, KaltengEkspres.com – Kelurahan Kasongan Lama Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan bakal mengelola keberadaan danau darat

Hal ini diutarakan oleh Lurah Kasongan, Dirmansyah S.hut kepada KaltengEkspres.com Rabu (10/2/2021). Menurutnya, usulan pengelolaan danau darat disampaikan melalui kegiatan musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) tingkat Kelurahan Kasongan Lama.

“Musrenbang tahun 2021, di  kelurahan kasongan lama dilaksanalan hari senin 28 des 2020, di aula kel kasongan lama, dihadiri, tokoh masyrakat, uptd puskesmas, ketua PD muhammadiyah , kepala balai penyuluh pertanian kasongan, ketua RT dan kader posyandu , kepala uptd puskesmas kasongan II.”ungkap Dirmansyah.

Adapun hasil pelaksanaan musrenbang tingkat  Kelurahan Kasongan Lama yakni, menghasilkan 3 prioritas usulan, yakni pengembangan aset danau darat, perbaikkan atau rehabikitasi gang dikelurahan Kasongan Lama, dan perlunya penambahan ruangan bersalin di puskesmas Kasongan II.

Baca Juga :  GP-Ansor Katingan Bagikan Ikan Nila Kepada Masyarakat Kurang Mampu

Sedangkan, Disampaikan Dirmansyah danau darat, dulunya merupakan aset Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa ( LKMD), kemudian belum terkelola dengan baik, sehingga dengan alasan ini, perlunya pengelolaan aset milik pemerintah Kabupaten Katingan berupa danau darat menjadi obyek wisata ditengah kota Kasongan.

” Hal ini untuk meningkatkan PAD, serta menjaga aset kelurahan dari gangguan atau klaim lahan yang tidak terkelola oleh masyarakat, “tandasnya. (MI)

Kemudian menyangkut masalah penataan Gang yang ada perlu menjadi perhatian di karenakan, terletak ditengah permukiman padat penduduk dan telah belasan tahun berda tidak tersentuh rehabilitasi atau perbaikan.

Sedangkan penambahan ruang bersalin di Puskesmas Kasongan II dikarekan adanya aturan bahwa fasilitas kesehatan puskesmas, harus melayani persalinan bagi masyarakat umum, kemudian adanya ketentuan tenaga medis atau bidan tidak boleh lagi melayani persalinan kerumah rumah masyarakat, sehingga harus tindakan persalinan dilakukan difasilitas kesehatan atau pondok bersalin.

Baca Juga :  Disambar Pikap, Pengendara Motor Terlempar, Satu Tewas

” Usulas skala prioritas ini di musrenbang kelurahan kasongan lama, telah disampaikan oleh pihak kelurahan melalui Kecamatan Katingan Hilir dalam musrenbang Kecamatan Katingan Hilir dalam rangka penyusunan rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) tahun anggaran 2022 yang telah  dilaksanakan pada hari senin tanggal 8 februari 2021 di aula Bapellitbang Katingan.” jelasnya.

Dirmansyah berharap dari tiga usulan prioritas ini dapat menjadi perhatian skala prioritas Pemkab Katingan , khususnya pembangunan diwilayah Kasongan Lama Kecamatan Katingan Hilir. (MI).

Disclaimer: Artikel ini di produksi oleh kaltengekspres.com. Semua publikasi berita yang diterbitkan media Kalteng Ekspres.com, merupakan tanggung jawab penanggung jawab redaksi.

Share :

Baca Juga

Katingan

14 Orang Warga Terjaring Operasi Yustisi

Pemkab Katingan

Hasil Rapid Test di Kereng Pangi, 12 Orang Dinyatakan Reaktif dan Dikarantina

Pemkab Katingan

Sakariyas Lantik 205 ASN Jadi Pejabat Fungsional

Katingan

Pembacokan Istri di Katingan Dipicu Masalah Sepele

Katingan

Dewan Bakal Panggil Kepala DLH Katingan

Katingan

Kebakaran Dua Rumah di Kelurahan Pendahara Renggut Korban Jiwa

Katingan

Bupati Katingan Lantik 92 Pejabat Eselon

Katingan

Lagi, Puluhan Warga Katingan Terjaring Operasi Yustisi