Home / DPRD Barito Selatan

Selasa, 12 Januari 2021 - 17:34 WIB

Dewan Berharap Pemerintah Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

BUNTOK, KaltengEkspres.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) meminta pemerintah untuk bertanggung jawab atas minat baca masyarakat Indonesia, khususnya di daerah itu yang masih terbilang rendah.

Anggota DPRD Barsel, Putri Siti Rohmawati menyatakan, berdasar pada data UNESCO menyebutkan dari 1000 warga Indonesia, hanya satu orang saja yang memiliki minat untuk membaca.

Data itu menyimpulkan minat baca masyarakat Indonesia, termasuk di Kabupaten Barsel masih sangat rendah. Rendahnya minat baca masyarakat ini tak boleh dibiarkan, melalui berbagai program, pemerintah memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

Baca Juga :  Banjir Lagi, Anggota DPRD Barsel Ini Ingatkan Warga

“Jadi tidak sekadar memberikan tempat yang layak dan nyaman untuk bangunan perpustakaan yang dibangun, pemerintah juga memiliki tanggung jawab menambah koleksi bukunya,” kata Putri Siti Rohmawati Selasa (12/1/2021).

Menurutnya, dari data UNESCO tersebut, terungkap bahwa dalam satu buku dibaca oleh lebih dari 15 ribu orang. Padahal idealnya, UNESCO menyebut hanya satu buku untuk dua orang. Hal ini juga menjadi bagian dari tanggung jawab pemerintah.

Politisi Partai Demokrat Barsel itu juga menyebutkan, untuk meningkatkan minat baca dengan meningkatkan dan mengembangkan perpustakaan desa. Sehingga akses masyarakat untuk mendapatkan buku bacaan lebih mudah.

Baca Juga :  Lima fraksi DPRD Barsel Setujui Dua Raperda Dibahas Pada Tahap Selanjutnya

Pemerintah juga wajib membuka peluang komunitas-komunitas bahasa pecinta minat baca untuk ikut andil dalam kemajuan perpustakaan.

“Dewan akan mendorong perpustakaan kabupaten untuk mengadakan buku bermutu yang mudah dijangkau masyarakat,” jelasnya.

Dijelaskannya, budaya gemar membaca merupakan bagian utama dari pembangunan sumber daya manusia. Menurutnya, pemerintah perlu memberikan perhatian serius dalam mendorong minat baca di masyarakat.

“Karenanya Taman Baca Masyarakat (TBM) sangat penting. Keberadaan TBM di tengah-tengah masyarakat menjadi upaya, untuk mempermudah akses terhadap buku bagi masyarakat,” Pungkasnya. (rif)

Share :

Baca Juga

DPRD Barito Selatan

DPRD Barsel Minta Pemda Perhatikan Guru Honorer

DPRD Barito Selatan

DPRD Barsel Kunker Ke Dinas ESDM Kalteng

DPRD Barito Selatan

Wakil ketua DPRD Barsel Dukung Program Pemkab Wujudkan Kabupaten Layak Anak

DPRD Barito Selatan

DPRD Barsel Harapkan Tidak ada Lagi Kekerasan Terhadap Anak

DPRD Barito Selatan

Dewan Barsel Minta Instansi Terkait Jaga Ketahanan Pangan Jelang Ramadhan

DPRD Barito Selatan

Mengawali Kerja, Pj Bupati Barsel Langsung Konsilidasi ke DPRD

DPRD Barito Selatan

DPRD Barsel Ajak Masyarakat Perangi Narkoba

DPRD Barito Selatan

Lima Fraksi DPRD Barsel Sampaikan Pandangan Umum Terhadap Empat Raperda