Home / Pemprov Kalteng

Senin, 23 November 2020 - 15:00 WIB

Dukung Pengembangan Singkong, Plt Gubernur Kalteng Kunker ke Malang

Plt Gubernur Kalteng Habib Ismail bin Yahya pada saat poto bersama. (foto: Biro Adpim)

Plt Gubernur Kalteng Habib Ismail bin Yahya pada saat poto bersama. (foto: Biro Adpim)

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Guna mendukung program pengembangan singkong di Kabupaten Gunung Mas, Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Habib Ismail bin Yahya meninjau secara langsung Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) di Desa Kendal Payak, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

“Perlunya kami ke sini adalah untuk mengetahui kesiapan Balai Penelitian ini untuk mendukung program Pemerintah Pusat ini. Tadi sudah dikatakan bahwasanya yang biasanya setahun cuma 25.000 stik, tahun ini Balitkabi diperintahkan untuk mempersiapkan 500.000 stik untuk singkong,” kata Habib Ismail bin Yahya, Senin (23/11/2020)

Baca Juga :  Pemprov Gelar Rapat Teknis Pra Musrenbang

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa Balitkabi Pakisaji ini merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), yang memiliki tugas melakukan penelitian tanaman aneka kacang dan umbi, antara lain ekofisiologi, pemuliaan, hama dan penyakit, pengelolaan dan pemanfaatan plasma nutfah, komponen teknologi, pascapanen, serta penanganan hasil. Bahkan, sejak 16 Desember 2014 lalu, Balitkabi ini telah dikukuhkan sebagai Pusat Unggulan Iptek (PUI) Aneka Kacang dan Umbi oleh Kementerian Ristek Dikti.

Baca Juga :  Gubernur Kalteng Minta Semua Daerah Siaga Bencana

Untuk itu, pihaknya ingin mempelajari teknologi terkait pengembangan singkong, agar dapat di aplikasikan di Kalteng. Sehingga, dengan ditunjuknya Kalteng sebagai salah satu provinsi ketahanan pangan, dapat terwujud.

“Harapan ke depan benar-benar program ini, khususnya penanaman singkong, bisa menaikkan taraf hidup dan menjadi sumber penghasilan baru dari masyarakat Kalteng, serta menggunakan sumber daya alamnya berupa lahan yang luas ini, tidak menjadi lahan yang nganggur lagi, tapi menjadi lahan yang benar-benar bisa dioptimalkan penggunaannya,” pungkasnya. (Ra)

Share :

Baca Juga

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Prihatin Banjir Melanda SMKN 1 Bukit Santuai

Pemprov Kalteng

Sugianto Tinjau Posko Pengungsian Korban Banjir Kobar

Pemprov Kalteng

Pemprov Bahas Kepemudaan dengan Komisi X DPR RI

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Ikut Peringati HLP Secara Virtual 

Pemprov Kalteng

Gubernur Kalteng Dorong Percepatan Realisasi Pembangunan

Pemprov Kalteng

5000 Peserta Meriahkan Jambore UMKM Kalteng

Pemprov Kalteng

Teken IBAB, Ini Harapan Wagub Kalteng di HSP

Daerah

Pemprov Kalteng Apresiasi Hasil LHP BPKP