Home / Kotim

Senin, 12 Oktober 2020 - 14:51 WIB

Material Prasasti TMMD Dibawa Melewati Sungai Berbuaya 

Anggota TNI saat menaikan material bangunan yang dibawa menggunakan kelotok melalui sungai mentaya.

Anggota TNI saat menaikan material bangunan yang dibawa menggunakan kelotok melalui sungai mentaya.

SAMPIT, KaltengEkspres.com – Sepuluh hari menjelang berakhirnya kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-109 di Kecamatan Pulau Hanaut, saat ini material untuk mendirikan prasasti mulai didiskusikan ke Kecamatan Pulau Hanaut.

“Kita sudah mulai melakukan pergeseran logistik untuk pembangunan prasasti TMMD le 109 di Kecamatan Pulau Hanaut,” terang Dandim 1015 Sampit, Letkol Czi Akmad Safari SH, Senin (12/10 /2020)

Untuk tiba di Kecamatan Pulau Hanaut, material seperti semen, besi, pasir dan batu kerikil harus diangkut menggunakan kapal menyeberangi Sungai Mentaya yang lebarnya sekitar 1,2 kilometer. Di sinilah tantangan terberatnya.

Baca Juga :  Warga Tiga Desa Tuntut BPN Kotim Keluarkan Sertifikat Tanah Masyarakat

Sebab kondisi perairan Sungai Mentaya di Kecamatan Pulau Hanaut cukup bergelombang, sehingga bila tidak hati-hati kapal bisa oleng dan tenggelam. Yang tidak kalah menakutkan adalah perairan ini juga merupakan habitat buaya muara yang sangat ganas. Sepanjang tahun 2020 ini saja ada tiga kali serangan buaya muara di kawasan Sungai Mentaya.

Masyarakat di Kecamatan Pulau Hanaut yang tinggal di bantaran Sungai Mentaya sampai harus memasang jaring di sekeliling rumah mereka agar predator ganas tersebut tidak masuk ke kolong rumah.

Baca Juga :  Laka Maut di Jalan Sudirman Tewaskan Bapak dan Anak

Kapal yang membawa material untuk pembangunan prasasti TMMD akhirnya tiba di dermaga Desa Bapinang Hilir Kecamatan Pulau Hanaut, Minggu (11/10) siang. Perjuangan masih belum selesai, untuk memindahkan material tersebut ke atas dermaga juga perlu perjuangan, karena dilakukan secara manual.

Anggota Satgas TMMD bersama masyarakat bahu membahu memindahkan material dari dalam kapal ke atas dermaga, dan kemudian diangkut ke lokasi pembangunan prasasti yang letaknya cukup jauh dari dermaga tersebut. (adv)

Share :

Baca Juga

Kotim

Meriahkan TMMD ke -109, Kodim 1015/Sampit Gelar Lomba Catur

Kotim

Diduga Korsleting Listrik, Kantor Dinsos Kotim Berkobar

Kotim

Hadiri Undangan Warga, Satgas TMMD Ikut Doa Bersama

Kotim

TNI dan Warga Terjalin Keakraban Dalam Suasana TMMD ke 109

Kotim

Pengedar Sabu Bertato Diringkus Polisi

Kotim

Duh..Ibu Muda Ketangkap Basah Simpan Sabu

Kotim

34 Nelayan Desa Sei Ijum di Kotim Terima Bantuan K3

Kotim

Perampok Nenek Cahaya Dibekuk Polisi